3 Jenis Latihan Fisik yang Dapat Dilakukan Tanpa Menggunakan Alat

Olahraga

Disiplin untuk terus melakukan latihan memang tidaklah mudah. Banyak alasan diungkapkan hanya untuk satu tujuan; yaitu agar tidak berolahraga. Biasanya alasan-alasan klasik yang sering digunakan adalah karena tidak punya waktu, merasa kurang enak badan, merasa sakit di bagian tubuh tertentu, atau tidak ingin membuat keadaannya memburuk, dan ada beberapa alasan yang sering digunakan yaitu sedang berada di jalan, tidak ada tempat untuk berolahraga, dan tidak ada peralatan olahraga untuk digunakan.

Padahal, untuk berolahraga, alat-alat bukanlah bagian yang vital. Banyak latihan fisik tanpa menggunakan alat yang dapat Anda pilih. Berikut adalah saran dari beberapa pelatih terbaik untuk Anda agar tidak ada lagi alasan bagi untuk tidak berolahraga.

Salah seorang pelatih kebugaran selebriti di Hollywood membagikan latihan tanpa menggunakan alat yang biasa ia berikan kepada kliennya. 10x melakukan squats, 10x push-up, 10x gerakan Superman, dan 20x crunches. Ia biasa memberikan latihan tersebut dengan istirahat minimal untuk tiap lima dan sepuluh putaran.

Jika hal tersebut dirasa terlalu mudah, lakukan variasi untuk meningkatkan kesulitan. Ketika Anda bangkit dari posisi jongkok, gabungkan tiga ekstensi dengan mengangkat diri ke puncak jari-jari kaki Anda sebelum turun kembali. Variasikan posisi tangan Anda pada posisi push-up. Variasikan lebar kaki Anda pada gerakan Superman dan ubah posisi kaki Anda di crunches.

Seorang pelatih kebugaran bernama Gideon Akande juga menggunakan pendekatan serupa. Dengan menggunakan beberapa gerakan dan tempo untuk mengombinasikan latihan membangun kekuatan bagian atas dan bawah tubuh dengan latihan kardiovaskular yang dapat membakar kalori. Ada tiga jenis latihan yang biasa diterapkan oleh Gideon.

  • Lateral mountain-climbers
  • Lateral lunge to reverse lunge switch
  • Bear plank to push-up plank


Untuk setiap latihan, lakukan 40 detik gerakan dan 20 detik istirahat, untuk total tiga putaran.

Spesialis transformasi tubuh Ngo Okafor juga membagikan gerakan latihan tanpa menggunakan alat versinya, namun sedikit lebih inventif.

  • Ambil handuk dan jalankan di bawah kursi kursi. Kemudian, dengan punggung kursi menghadap ke arah Anda, lakukan satu set bisep ikal. Ini hanya bekerja dengan kursi berkaki empat standar dalam kisaran 10-hingga-15 pounds.
  • Atur kursi itu, dan gunakan untuk melakukan tricep dip
  • Sekali lagi menggunakan kursi dan lakukan set-set langkah dengan masing-masing kaki
  • Lakukan bicycle crunches di lantai
  • Lakukan 60 detik gerakan mountain climber

Okafor mengatakan dia melakukan 20 repetisi dari empat gerakan pertama, namun bagi pemula, sebaiknya lakukan sebanyak 10 repetisi. Lakukan empat putaran, total. Dia merekomendasikan untuk beristirahat sesuai kebutuhan, tetapi untuk memastikan Anda menjaga detak jantung Anda. Temukan jeda yang tepat di antara waktu berolahraga Anda untuk beristirahat sejenak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *