5 Bahan Alami untuk Mencerahkan Warna Rambut

hidup sehat
memilih warna rambut

Kegiatan mewarnai rambut sangat populer di berbagai kalangan, baik muda maupun tua. Para orang tua mewarnai rambut karena warna rambut asli mereka mulai memudar dan berubah menjadi putih. 

Mewarnai rambut juga dilakukan oleh pria dan wanita. Menurut penelitian, 50 % wanita rutin mewarnai rambut dan 69 % merasa lebih menarik setelah memberi warna yang berbeda pada rambut mereka. 

Sebelum memulai proses pewarnaan, dimulai dengan tahap bleaching atau menghilangkan warna asli rambut. Tahapan ini bertujuan untuk mengeluarkan warna dari produk pewarna rambut.

Namun, produk pewarna rambut yang beredar mengandung zat berbahaya. Penggunaannya dapat menyebabkan kulit kepala gatal, rambut patah dan rontok, iritasi kulit kepala, konjungtivitis, bahkan sakit kepala.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan produk pewarna rambut alami yang berasal dari produk nabati. Selain murah dan mudah ditemui, produk ini aman digunakan bahkan pada ibu hamil sekalipun.

Berikut ini produk pencerah warna rambut alami yang disarankan:

  1. Kamomil

Selain kaya akan antioksidan, kamomil ternyata mampu mencerahkan warna rambut. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 2 cangkir teh kamomil kental dengan ¼ jus lemon.

Aplikasikan ke seluruh permukaan rambut dengan mengolesnya langsung atau menggunakan botol semprot. Berjemurlah di bawah sinar matahari dan tunggu hingga campuran kamomil meresap dan mengering. Bilas menggunakan sampo dan kondisioner. 

  1. Henna (Mehndi)

Bubuk henna umumnya dijadikan sebagai pemberi warna pada kuku. Henna berasal dari tanaman Lawsonia inermis atau pacar kuku. Bubuk henna juga digunakan untuk menggelapkan warna rambut. Meski begitu, henna dapat memberi efek cerah kemerahan pada rambut cokelat tua hingga hitam. 

Larutkan tiga sendok makan bubuk henna dengan ½ cangkir air mendidih, lalu aduk dan diamkan semalaman. Gunakan campuran ini keesokan harinya dan diamkan selama 2 – 3 jam. Bilas ketika kering.

Hasil akhir ramuan ini dinilai sangat pas bagi pemilik kulit gelap. Selain warna cokelat kemerahan, pemilik kulit gelap bahkan cocok dengan warna rambut terang.  

  1. Baking soda

Baking soda memiliki efek mencerahkan. Larutkan baking soda dengan air hangat dan aduk hingga mengental. Oleskan ke seluruh permukaan rambut dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan sampo dan gunakan kondisioner setelahnya.

Anda juga bisa menggunakan campuran baking soda dengan hidrogen peroksida. Larutkan 1 ½ sendok teh hidrogen peroksida dengan 2 sendok makan baking soda. Oleskan ke seluruh permukaan rambut dan diamkan selama 1 jam 15 menit. Bilas dengan sampo dan kondisioner.

  1. Lemon

Lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat yang memiliki sifat mencerahkan. Perasan lemon sangat cocok digunakan sebagai bleaching alami.

Larutkan 2 sendok makan jus atau perasan air lemon dengan segelas air. Masukkan ke dalam botol dan semprotkan ke seluruh permukaan rambut. Berjemurlah di bawah matahari dan tunggu hingga mengering, lalu bilas menggunakan sampo dan kondisioner.

  1. Cuka apel

Cuka apel bisa membuat rambut Anda terlihat bersinar dan lebih cerah. Selain itu, cuka apel dapat menyeimbangkan pH pada rambut. Anda tidak perlu khawatir dengan ramuan ini, karena aroma cuka apel akan cepat menghilang.

Untuk penggunaannya, cukup campurkan ¼ cangkir cuka apel dengan ¼ cangkir teh kamomil. Tuang ke dalam botol dan semprotkan ke rambut secara menyeluruh. Biarkan selama seharian atau berjemur di bawah sinar matahari untuk mempercepat proses bleaching. Setelah meresap, bilas dengan sampo.

Catatan

Meski berbahan alami, produk pencerah dan pewarna rambut di atas juga bisa menyebabkan reaksi alergi dan iritasi. Oleskan ramuan pencerah pada lapisan atas rambut, lalu bilas dan perhatikan apakah ada indikasi alergi.Produk pencerah dan pewarna rambut rumahan ini juga bisa menyebabkan rambut kering. Selalu ingat untuk aplikasikan kondisioner pada tahap akhir penggunaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *