5 Bunga Pengusir Nyamuk yang Perlu Diketahui

Herbal
Lavender dapat berfungsi menjadi bunga pengusir nyamuk. Begitu pula dengan serai wangi yang secara efektif dapat mengusir nyamuk.

Beberapa dampak yang ditimbulkan akibat gigitan nyamuk memang tidak main-main, mulai dari bentol, gatal, kemerahan hingga penyakit demam berdarah. Hal inilah yang membuat banyak orang memerlukan pengusir nyamuk ampuh yang mudah di dapat, seperti beberapa jenis bunga pengusir nyamuk yang ada.

Banyak orang sering kali menggunakan bahan kimia sebagai obat pengusir nyamuk dengan mengesampingkan dampak yang ditimbulkan dari obat tersebut bagi kesehatan tubuh. Untuk mengatasi kondisi ini, produk alternatif berupa bahan alami sangat mungkin untuk diandalkan agar terhindar dari serangan nyamuk dan bahaya yang dibawa.

Bunga Pengusir Nyamuk

  • Serai Wangi

Tak hanya bisa dipakai sebagai penyedap rasa makan dan minuman, serai wangi juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengusir nyamuk. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang memakai serai wangi pada lilin aromaterapi hingga losion anti nyamuk sebagai bahan utamanya.

Bahan ini bisa dengan mudah di dapat karena serai tumbuh subur di berbagai iklim serta jenis tanah, kemudahan ini memungkinkan banyak orang untuk menanamnya sendiri di rumah. Meski demikian, hindari menanam dengan menggunakan pot karena bunga yang satu ini tidak cocok ditanam pada tempat tersebut.

  • Lemon Balm

Lemon Balm mengandung senyawa sitronelal, salah satu senyawa yang sangat ampuh untuk menangani kulit dikeroyok nyamuk. Bahan alami ini memiliki aroma jeruk yang sangat ampuh untuk mengusir nyamuk karena wangi tersebut tidak disukai nyamuk. Sama seperti Serai, tanaman yang satu ini bisa ditanam secara mandiri.

Namun demikian, terdapat satu hal yang harus diperhatikan, yakni seseorang perlu berhati-hati ketika memutuskan untuk menanam Lemon Balm. Dikarenakan jenis tanaman yang satu ini memiliki sifat invasif atau bahasa mudahnya adalah mampu tumbuh dengan sangat cepat.

  • Lavender

Bunga Lavender memiliki wangi yang khas dan bahkan sangat harum, aroma yang disukai banyak orang tetapi tidak disukai nyamuk, bisa jadi merupakan aroma yang paling dihindari. Bunga Lavender memiliki kandungan banyak zat yang tidak disukai nyamuk, di antaranya linalool dan linalil asetat, kedua zat ini sangat anti nyamuk.

  • Geranium

Bunga Geranium menjadi bunga selanjutnya yang bermanfaat ampuh dalam mengusir nyamuk, di Indonesia tanaman ini lebih dikenal dengan nama Tapak Dara. Kandungan geraniol dan sitronelol di dalamnya terbukti sangat ampuh mengusir nyamuk karena wangi yang ditimbulkan oleh kandungan tersebut saat tertiup angin tidak disukai nyamuk.

Tanaman ini mudah di dapat dan ditanam sendiri di pekarangan, caranya pun tidak ribet hanya perlu menanamnya menggunakan pot yang kemudian di taruh di dalam ruangan. Dengan demikian bunga ini langsung menjadi bahan alami yang ampuh dalam mengusir nyamuk. Kandungan geranium yang dimiliki juga sangat cocok menjadikan bunga ini sebagai tanaman hias.

  • Bunga Kecombrang

Menjadi salah satu bunga yang cukup populer dan terkenal di Indonesia, bunga Kecombrang merupakan jenis tanaman hias yang memiliki banyak julukan di beberapa daerah di Tanah Air. Masyarakat Medan kerap menyebut bunga ini dengan nama kincung, masyarakat Jawa Barat mengenalnya dengan nama kantan atau honje.

Bunga pengusir nyamuk ini lebih terkenal sebagai bahan bumbu masakan, namun demikian di balik itu bunga ini ternyata sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Letakkan bunga ini tepat di bawah jendela rumah atau kamar, wangi bunga yang tertiup angin membuat nyamuk kalang kabut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *