5 Teknik Relaksasi untuk Persalinan yang Lebih Baik

Kehamilan

Melahirkan memang sakit dan menegangkan. Tetapi, menurut banyak riset, ada beberapa teknik relaksasi sederhana yang bisa membuat prosesnya terasa lebih mudah. Relaksasi untuk persalinan ini mampu membantu proses melahirkan menjadi lebih cepat. Tak hanya itu, kemungkinan penanganan medis yang lebih rumit pun bisa diperkecil. Calon ibu mana pun pasti ingin proses persalinannya aman dan nyaman. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut beberapa tekniknya:                                                                                                                                             

Hypnobirthing

Ketenangan sangat penting dalam proses melahirkan. Namun wajar jika sebagian ibu sangat takut menghadapi proses melahirkan. Apalagi bagi mereka yang kali pertama menghadapinya.

hypnobirthing sangat membantu ibu untuk mencapai ketenangan. Ibu akan bisa mengelola rasa sakit, menghadapi ketakutan-ketakutan dalam melahirkan, dan membuang rasa cemas. Dengan demikian dia bisa tetap dalam keadaan terkontrol, tanpa mengalami panik.

Dengan mengikuti kelas ataupun terapi hypnobirthing, ibu akan menguasai cara melakukan self-hypnosis, relaksasi dan teknik pernapasan. Jadi, ibu akan tahu kapan serta bagaimana menggunakannya selama proses melahirkan. Untuk hasil terbaik, ibu bisa mengikuti workshop, mengunjungi terapist atau mengikuti panduan lewat CD/file yang bisa diunduh.

Latihan Pernapasan

Mengatur pernapasan adalah rileksasi untuk persalinan yang sangat baik. Apalagi menggabungkan pernapasan dengan berhitung yang dinilai sangat efektif dalam proses persalinan.

Bernapas dengan pelan dan dalam bisa memperbanyak masuknya oksigen ke dalam otot. Hasilnya, otot-otot menjadi rileks sehingga mempermudah persalinan. Sementara itu, pikiran tidak lagi terlalu fokus pada rasa sakit. Pikiran menjadi lebih fokus pada hitungan.

Cobalah teknik perhitungan napas 7:11. Tarik napas dalam tujuh hitungan, kemudian keluarkan dalam 11 hitungan.

Fokus pada saat Ini

Pada saat melahirkan, sirine tanda bahaya seolah menyala dalam otak. Sekalipun semua dalam keadaan terkontrol, keadaan ini bisa memicu pikiran-pikiran yang menyebabkan panik. Padahal panik menyebabkan otot-otot mengencang dan membuat proses melahirkan menjadi lebih lambat.

Hal ini bisa dihindari dengan fokus pada saat ini (stay in the moment). Dengan diiringi teknik pernapasan, ibu bisa fokus dan menyingkirkan pikiran-pikiran buruk. Proses persalinan pun bisa dijalani selangkah demi selangkah tanpa serangan panik.

Menggunakan Aromaterapi

Aroma bisa membangkitkan memori dan mempengaruhi emosi. Karenanya, aromaterapi bisa dimanfaatkan sebagai teknik relaksasi untuk persalinan.  Nah, saat berlatih relaksasi selama kehamilan, bakarlah minyak esensial lavender. Keharuman lavender bersifat menenangkan, sehingga bagus untuk ibu hamil. Lalu ketika melahirkan, gunakanlah aromaterapi itu.

Anda akan mengingat saat-saat berlatih menghadapi momen ini. Anda yakin akan tenang dan penuh kebahagian menghadapi saat yang telah lama ditunggu ini. Maka, rasa tenang akan segera dihasilkan.

Gunakan Pijatan

Teknik relaksasi untuk persalinan lainnya adalah pijatan. Minta pasangan untuk mengusap-usap atau memijat ringan punggung dan juga bagian belakang kaki. Teknik ini akan membantu mengurangi rasa nyeri saat kontraksi. Selain itu, merangsang metabolisme karena membantu tubuh memproses adrenalin dan asam laktat. Hormon-hormon yang menenangkan dalam tubuh pun dirangsang untuk diproduksi. Hasilnya, anda akan menjadi tenang kembali.

Keyword:

Relaksasi untuk Persalinan

Teknik Relaksasi untuk Persalinan

Tips Relaksasi untuk Persalinan

Meta Desc: Ada beberapa teknik relaksasi sederhana yang bisa membuat proses melahirkan terasa lebih mudah dan lebih cepat. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut beberapa tekniknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *