7 Langkah Jitu untuk Mengecilkan Pori-pori

Kulit dan Kecantikan

Pori-pori terdapat di seluruh kulit, mulai dari wajah, lengan, kaki, hingga banyak area lainnya. Pori-pori memiliki fungsi yang sangat penting. Mereka akan menghasilkan keringat dan minyak untuk dikeluarkan dari kulit, mendinginkan kulit, serta menjaganya agar tetap sehat dengan cara menyingkirkan racun.

Pori-pori juga dapat menjadi bukaan dari akar rambut. Walaupun pori-pori ini sangat penting, ada beberapa orang yang tidak menyukainya. Sebab, pori-pori yang terlihat besar, terutama pada hidung dan dahi, dianggap mengganggu penampilan.

Tidak ada cara untuk menutup pori-pori yang besar tersebut. Namun, ada yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkannya, dengan cara-cara berikut ini.

  1. Cuci dengan pembersih

Kulit berminyak atau memiliki pori-pori yang tersumbat, dapat diatasi dengan pembersih harian. Sebuah studi klinis yang dilakukan pada 2006 menunjukkan bahwa penggunaan pembersih wajah akan meminimalkan beberapa gejala jerawat, dan menjaga pori-pori tetap bersih. Mulailah dengan pembersih yang lembut. Produk pembersih yang Anda gunakan harus mengangung glikolat. Cucilah wajah setiap malam sebelum tidur.

  • Gunakan retinoid topikal

Produk dengan senyama retinoid atau vitamin A ini telah terbukti memiliki tingkat keberhasilan yang beragam dalam mengecilkan pori-pori. Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakannya, produk ini paling baik digunakan sekali dalam sehari. Menggunakan retinoid yang berlebihan akan membuat kulit kering dan iritasi.

  • Duduk di ruang uap

Mungkin akan terdengar aneh melakukan ini, karena uap biasanya akan membuka pori-pori untuk mengeluarkan kotoran, minyak, atau bakteri yang terperangkap di dalamnya. Habiskan waktu dalam ruang uap selama 5-10 menit untuk membuka pori-pori, kemudian cuci muka Anda dengan handuk hangat. Ini akan membantu mengecilkan pori-pori dan terhindar dari masuknya bakteri baru.

  • Oleskan minyak esensial

Dengan menggunakan minyak, dapat membantu mengecilkan pori-pori. Minyak esensial antiinflamasi, seperti minyak kulit cengkeh dan kayu manis, terbukti mengusir bakteri dari kulit Anda. Pori-pori pun mengecil. Campurkan minyak dengan bahan aktif bersama carrier oil yang lembut, seperti minyak almond atau jojoba, sebelum mengaplikasikannya ke wajah. Jangan biarkan campuran menganggur lebih dari beberapa menit. Pastikan minyaknya juga mengering di wajah Anda.

  • Melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan racun yang terperangkap dan membuat pori-pori membesar. Scrub wajah dengan lembut menggunakan teh hijau untuk mengecilkan pori-pori. Dengan menggosok wajah hingga bersih, kotoran atau kontaminan apapun di permukaan kulit, akan bersih bersama dengan sel kulit mati yang mungkin telah terbentuk.

  • Gunakan masker dari tanah liat

Cara cepat mengurangi peradangan dan munculnya jerawat adalah dengan menggunakan masker dari bahan tanah liat. Dalam penelitian tahun 2012, munculnya jerawat semakin berkurang hingga 54% ketika responden menggunakan masker tanah liat yang dicampur dengan minyak jojoba, selama dua kali dalam semingu. Masker ini bekerja untuk meminimalkan pori-pori dengan mengeringkan sebum di bawah kulit.

  • Menggunakan proses pengelupasan kimia

Jika pori-pori terlihat membesar karena kulit Anda menghasilkan sebum berlebih mungkin ini saatnya untuk mencoba pengelupasan kimia. Gunakan peeling ini secukupnya. Sebab seiring waktu, peeling akan membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *