Apakah Benar Bersihkan Telinga dengan Ear Candle Aman?

hidup sehat

Salah satu teknik alternatif untuk membersihkan telinga yang diklaim sangat ampuh menggunakan lilin khusus, Ear Candle. Biasanya kotoran telinga yang sangat jarang dibersihkan akan mengganggu kenyamanan indra pendengaran. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah memakai lilin, inilah manfaat Ear Candle.

Ear Candle dianggap memiliki keunggulan lebih praktis dan sangat ampuh untuk menghilangkan kotoran di telinga. Selain itu, metode pembersihan telinga ini juga diklaim mampu memberikan efek relaksasi dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti sinuitis, sakit tenggorokan, flu, vertigo hingga masalah pendengaran yang lain.

Ear Candle

Meski diklaim memiliki manfaat yang baik untuk membersihkan telinga, namun belum ada penelitian yang menyebut bahwa metode ini efektif membersihkan kotoran yang terdapat di telinga. Bahkan, beberapa artikel yang menjelaskan terkait Ear Candle, justru menyebut metode ini malah membuat kotoran masuk ke dalam telinga.

Terlepas dari manfaat Ear Candle, terdapat risiko yang muncul dari penggunaan metode pembersihan kotoran yang terdapat di telinga. Kenali risiko yang muncul akibat penggunaan dari metode Ear Candle, kebanyakan risiko ini mengarah pada cedera dan gangguan pada telinga, berikut ini beberapa di antaranya.

  • Terjadinya penyumbatan yang diakibatkan lelehan lilin, kondisi ini membuat seseorang yang mengalaminya harus melakukan operasi.
  • Terjadinya kondisi hilang pendengaran, namun sifat dari kondisi ini hanya sementara dan tidak akan bersifat permanen.
  • Terjadinya kemungkinan abu dari pembakaran lilin masuk ke dalam gendang telinga, hal ini tentu membuat masalah.
  • Terjadinya luka bakal di dalam gendang telinga, khususnya telinga bagian dalam yang sangat berpengaruh bagi pendengaran.

Selain beberapa risiko di atas, Ear Candle jika digunakan untuk membersihkan kotoran di telinga juga berbahaya untuk area lain sekitar telinga. Misalnya, muncul luka karena bekas pembakaran lilin di area dekat muka, kulit kepala hingga rambut bagian luar telinga. Para ahli juga tidak menyarankan metode Ear Candle sebagai cara untuk membersihkan telinga.

Cara Benar Bersihkan Telinga

Perlu diketahui bagaimana cara membersihkan kotoran telinga dengan benar, kotoran yang terdapat di dalam telinga sebenarnya merupakan pertahanan alami bagi indra pendengaran ini. Kotoran ini mampu menghambat tumbuhnya bakteri yang menjebak kotoran tersebut, meski demikian jika kotoran ini terlalu banyak dan menumpuk maka bisa menyumbat lubang telinga.

Beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan kotoran ini misalnya dengan menggunakan baby oil, gliserin atau hidrogen peroksida. Masukkan beberapa bahan cair ini beberapa kali dalam sehari, hal ini akan membuat kotoran ditelinga secara bertahap akan melunak dalam waktu 48 jam.

Cara lain untuk mengatasi kotoran di telinga adalah dengan menggunakan air hangat, masukan air hangat ini ke dalam sebuah botol semprotan kecil atau bekas botol tets mata. Fungsi dari cara ini adalah untuk mengairi liang telinga, saat disemprot tarik daun telinga agar saluran telinga menjadi lurus.

Setelah itu bisa bersihkan bagian luar telinga terlebih dahulu, bisa menggunakan tisu atau handuk. Jika merasa tidak percaya diri ketika membersihkan secara mandiri, bisa meminta bantuan orang lain untuk membersihkan bagian luar telinga ini. Namun jika beberapa cara di atas masih belum efektif untuk mengatasi kondisi itu segera periksa ke dokter spesialis THT.

Perlu diketahui untuk tidak mengorek telinga guna membersihkan kotoran yang terdapat di dalamnya, kondisi ini bisa merusak telinga dan membuat kotoran semakin masuk ke dalam lubang telinga. Terlepad dari manfaat Ear Candle yang ada, sebisa mungkin untuk melakukan pemeriksaan di dokter spesialis THT sebanyak satu hingga dua kali dalam setahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *