Cara Membuat Teh Peterseli yang Mudah dan Bermanfaat

hidup sehat
Manfaat peterseli alias parsley untuk kesehatan ternyata sangat banyak.

Peterseli atau juga yang lebih dikenal dengan nama parsley merupakan tanaman yang sering atau biasa dipakai sebagai bahan makanan. Seseorang tentu pernah menemukan tanaman ini sebagai taburan atau hiasan dalam beberapa makanan seperti sup krim dan pizza. Selain dipakai sebagai bahan makanan, manfaat peterseli untuk kesehatan juga ampuh.

Sebanyak delapan gram daun peterseli atau setara dengan dua sendok makan bisa memenuhi sekitar 12 persen kebutuhan vitamin A dan 16 dan kebutuhan vitamin C dari yang dianjurkan setiap harinya. Bahkan, porsi ini juga sudah melebihi rekomendasi asupan vitamin K dalam satu hari dan melebihi rekomendasi vitamin K dalam satu hari dengan kandungan mencapai 154 persen.

Cara Bikin Teh Peterseli

Daun peterseli juga merupakan sumber magnesium, kalsium, zat besi dan kalsium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, manfaat yang didapat ini tentu juga tergantung dari bagaimana seseorang mengonsumsinya. Terdapat berbagai cara untuk mendapatkan manfaat dari daun peterseli, salah satunya dengan cara dibuat teh seperti berikut.

  • Didihkan air, panaskan sebanyak 250 ml air menggunakan teko atau panci kecil hingga benar-benar mendidih.
  • Bersihkan daun peterseli, bisa dengan mencucinya di bawah air dingin yang mengalir kemudian tepuk ringan pada permukaan daun menggunakan tisu sampai kering.
  • Tuangkan daun peterseli segar tadi ke dasar cangkir dan masukkan air mendidih, setelah itu seduh lima sampai sepuluh menit.
  • Setelah itu tuangkan hasil seduhan teh ke dalam cangkir dengan menyaring daun peterseli, lakukan proses ini sampai air seduhan benar-benar terpisah dari ampas.
  • Teh daun peterseli sudah bisa dinikmati, konsumsi selagi hangat bisa menggunakan tambahan pemanis atau tidak sesuai dengan selera.

Manfaat Daun Peterseli

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Tak kalah dengan susu dan ikan, daun peterseli bisa membantu untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Kandungan vitamin K yang tinggi dalam daun ini bermanfaat untuk mendukung sel pembangunan yang disebut sebagai osteoblas. Vitamin tersebut juga mampu mengaktifkan protein tertentu yang berfungsi meningkatkan kepadatan mineral.

  • Mencegah Penyakit

Kandungan antioksidan tinggi mampu membantu tubuh memerangi radikal bebas yang menyebabkan tubuh terkena penyakit. Selain vitamin C, kandungan antioksidan utama dari daun ini juga terdapat flavonoid dan karotenoid. Kandungan ini akan membantu melindungi sel-sel tubuh agar tidak mengalami kerusakan.

  • Menurunkan Risiko Diabetes

Diabetes biasanya disebabkan karena kadar gula darah yang meningkat dan risiko terhadap resistensi insulin yang juga bertambah. Flavonoid pada peterseli berjenis myricetin yang berfungsi untuk mengurangi kadar gula darah. Namun demikian, manfaat ini masih memerlukan pengujian lebih lanjut terhadap manusia.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Karotenoid dan antioksidan pada peterseli juga bisa membantu tubuh menjaga kesehatan jantung, karotenoid mampu mengurangi faktor-faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung seperti peradangan kronis, tekanan darah dan kadar kolesterol LDL yang tinggi. Konsumsi peterseli bisa memenuhi asupan tubuh terhadap vitamin B9 dengan manfaat 11 persen dari total kebutuhan.

Asupan vitamin B9 yang cukup mampu menjaga kesehatan jantung karena mampu menurunkan risiko tubuh terkena penyakit ini. Vitamin B9 bisa melindungi jantung dari kemungkinan masalah kesehatan dengan mengurangi kadar asam amino homosistein yang berpengaruh terhadap fungsi dari arteri.

  • Mencegah Kanker

Manfaat daun peterseli selanjutnya adalah mencegah kanker, sebuah studi menyebut adanya potensi bahwa peterseli mampu menghambat efek-efek serupa pemicu kanker dari amina heterosiklik. Komponen ini biasanya muncul pada daging yang dipanggang dengan temperatur tinggi. Antioksidan peterseli mengurangi tingkat stres oksidatif yang ada pada tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *