Cara Meninggikan Badan Secara Alami Bagi Orang Dewasa

Kesehatan

Beberapa orang tidak puas dengan tinggi badan yang mereka miliki, dan berharap mereka bisa lebih tinggi. Sayangnya, bagi kebanyakan orang dewasa, tidak ada yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan. Setelah umur 18 tahun, banyak trik untuk menambah tinggi badan tidak akan berhasil, walaupun Anda sudah menambah asupan nutrisi yang sehat dan berolahraga secara rutin. Cara meninggikan badan secara alami hanya akan menunjukkan hasil dalam arti Anda akan terlihat lebih tinggi dan juga mencegah tinggi badan menurun, yang mana hal yang wajar bagi orang dewasa.

Sebelum membahas cara meninggikan badan secara alami bagi orang dewasa, ada baiknya kita mengenal faktor apa saja yang mempengaruhi tinggi badan seseorang. Tinggi badan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti genetik, jenis kelamin, kondisi medis tertentu, nutrisi dan olahraga. Genetik memegang peranan yang sangat penting pada tinggi badan seseorang. Dalam arti, apabila orangtua Anda tinggi, ada kemungkinan Anda juga akan tinggi. Begitu pula dengan sebaliknya. Orangtua yang pendek akan memiliki anak yang pendek.

Jenis kelamin adalah faktor biologis lain yang memerankan peran penting terhadap tinggi total seseorang. Wanita pada umumnya memiliki potensi total tinggi yang lebih rendah dibandingkan dengan pria. Selain itu, kondisi medis tertentu juga dapat mempengaruhi tinggi badan seseorang, seperti gigantisme, dwarfisme, kanker, sindrom Down, sindrown Turner, dan lain-lain. Nutrisi dapat memberi efek terhadap potensi tinggi badan seseorang. Mendapatkan nutrisi yang baik seperti vitamin dan mineral dapat membantu seseorang untuk tumbuh. 

Cara orang dewasa lebih tinggi

Meskipun tidak ada cara tertentu bagi orang dewasa untuk bisa lebih tinggi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar terlihat lebih tinggi. Misalnya dengan mempraktekkan postur tubuh yang baik. Tidak hanya duduk dan berdiri dengan postur yang baik membuat Anda terlihat lebih tinggi, hal tersebut juga dapat mencegah sakit kepala dan sakit punggung yang sering terjadi apabila Anda duduk dan berdiri dengan postur membungkuk. Menjaga postur tubuh yang baik dapat membantu tulang punggu dalam jarak yang tepat sehingga dapat membuat seseorang terlihat lebih tinggi.

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah memperkuat otot inti. Otot bagian tengah tubuh yang kuat dapat membantu seseorang menjaga postur tubuh yang baik dan terlihat lebih tinggi. Otot inti adalah jenis otot yang berada di perut dan sepanjang tulang belakang. Otot-otot ini membantu menyokong tulang belakang. Apabila otot tersebut lemah, tulang punggung tidak mendapatkan sokongan yang cukup sehingga dapat menyebabkan seseorang bungkuk. Cara untuk mendapatkan otot inti yang kuat di antaranya adalah dengan latihan plank, posisi Superman, dan crunch.

Tidak bisa lebih tinggi, tapi bisa cegah tinggi badan menurun

Meskipun cara meninggikan badan secara alami tidak akan berfungsi bagi orang dewasa, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah turunnya tinggi badan. Setelah seseorang mencapai umur 40 tahun, banyak orang akan kehilangan berat badan sekitar 2 cm setiap dekadenya dikarenakan oleh osteoporosis, tekanan pada tulang belakang, dan juga faktor alasan lain. Hal tersebut akan membuat seseorang kehilangan tinggi badan setelah beberapa waktu. Agar Anda tidak kehilangan tinggi badan, pastikan Anda menjaga asupan nutrisi yang seimbang dan lengkap, terutama kalsium. Selain itu, latihan otot juga diperlukan untuk melawan hilangnya masa otot. Hindari merokok dan minum banyak air untuk tetap terhidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *