Inilah Bahaya Green Coffee Yang Perlu Diwaspadai

hidup sehat

Ada berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi kopi hijau atau green coffee. Banyak orang merasa bahwa green coffee dapat memberikan efek yang baik pada tubuh. Namun, bahaya green coffee perlu diperhatikan.

Green coffee dapat Anda beli baik di toko maupun secara online. Harganya dibanderol dari Rp 20.000,00. Green coffee merupakan minuman yang memiliki rasa seperti teh herbal dibandingkan dengan kopi biasa.

Manfaat Green Coffee

Tidak hanya memberikan rasa yang nikmat untuk dikonsumsi, green coffee juga merupakan salah satu minuman yang dapat Anda masukkan ke dalam daftar makanan atau minuman diet. Green coffee diklaim dapat membakar lemak dengan cepat. Pada tahun 2012, Dr. Oz juga mempromosikan green coffee sebagai ekstrak suplemen penurun berat badan yang mujarab.

Ekstrak green coffee mengandung kafein yang dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh dan menurunkan berat badan. Namun, menurut sebuah penelitian, asam klorogenat yang ada pada green coffee dapat memberikan efek yang signifikan pada tubuh.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa ekstrak green coffee telah diuji pada manusia. Asam klorogenat yang ada pada ekstrak green coffee dapat menyerap karbohidrat dari saluran pencernaan sehingga gula darah dan insulin di dalam tubuh menurun.

Studi lain mengungkapkan bahwa ekstrak green coffee telah diuji melalui hewan. Asam klorogenat mengurangi berat badan hewan dengan menekan penyerapan lemak dari makanan, mengurangi lemak yang tersimpan di hati, serta meningkatkan fungsi hormon pembakaran lemak adiponectin.

Bahaya Green Coffee Bagi Tubuh

Meskipun green coffee terbukti efektif melalui penelitian di atas, jika Anda memutuskan untuk mengkonsumsi minuman tersebut sebagai bahan diet Anda, Anda perlu pahami bahaya green coffee di bawah ini:

  • Kafein yang berlebihan

Sama seperti kopi biasa, green coffee mengandung kafein sebanyak 100 mg per cangkir. Green coffee mungkin mengandung lebih banyak kafein dibandingkan dengan kopi hitam.

Selain itu, jika Anda mengkonsumsi green coffee, maka Anda akan kemungkinan mengalami gejala negatif seperti merasa cemas, gangguan tidur, dan peningkatan tekanan darah.

  • Efek buruk pada kesehatan tulang

Green coffee juga dapat memicu efek buruk pada kesehatan tulang. Sebuah studi mengungkapkan bahwa green coffee yang dikonsumsi oleh hewan setiap hari selama 2 bulan dapat menimbulkan penipisan kalsium yang signifikan. Jika Anda mengkonsumsi green coffee dalam jangka panjang, maka akan membahayakan kesehatan tulang.

  • Tidak dapat dikonsumsi oleh orang hamil atau menyusui

Green coffee tidak dapat dikonsumsi oleh orang hamil atau menyusui, bahkan anak-anak. Meskipun demikian, belum ada penelitian yang menunjukkan jika green coffee efektif pada orang-orang tersebut.

Kesimpulan

Jika Anda ingin mengkonsumsi green coffee, Anda sebaiknya mempertimbangkan hal tersebut, karena penelitian juga mengungkapkan bahwa green coffee belum memberi efek yang baik pada tubuh. Selain itu, Anda perlu batasi penggunaan green coffee, maksimal sebanyak 400 mg.

Bahaya green coffee tentunya dapat memicu masalah bagi tubuh. Oleh karena itu, Anda sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis minuman seperti ini secara berlebihan, meskipun minuman tersebut dapat memberikan energi pada tubuh karena mengandung kafein.

Bahaya green coffee perlu diwaspadai. Oleh karena itu, Anda sebaiknya juga terapkan pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan, serta berolahraga secara teratur. Jika Anda mengalami gejala yang disebabkan oleh penggunaan green coffee, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *