Jangan Abaikan Vagina Perih, Atasi dengan Cara Ini

penyakit

Vagina bisa tiba-tiba terasa perih padahal Anda tidak merasa melukainya. Kondisi vagina perih memang mungkin terjadi dan disebabkan oleh berbagai hal berbeda. Penyebab vagina perih yang paling sering yaitu adanya infeksi jamur, cedera fisik, vaginosis bakterialis, vulvodynia, disfungsi dasar panggul, dan gangguan psikologis. Saat vagina terasa perih tentu akan mengganggu keseharian serta dapat menimbulkan masalah medis serius jika tidak segera ditangani. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasi dan mencegah vagina perih.

Cara mengatasi vagina perih

Vagina perih dapat diatasi dengan berbagai cara berikut ini. Akan tetapi, lebih baik konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab pastinya. Selain itu, tingkat keparahan rasa perih juga berpengaruh terhadap cara penanganan yang bisa dilakukan.

  • Pemberian obat

Dokter biasanya akan memberikan obat tertentu untuk mengatasi rasa perih pada area vagina. Beberapa obat tersebut mencakup obat steroid, obat antidepresan, serta obat antihistamin. Pemberian obat akan disesuaikan dengan penyebab vagina perih serta tingkat keparahannya.

  • Akupuntur

Vagina perih dapat berdampak pada fungsi seksual seseorang. Ketika vagina terasa perih, tentu Anda tidak merasa nyaman saat melakukan hubungan seksual. Akupuntur bisa menjadi pilihan untuk mengatasinya. Meski tidak terdapat jaminan bahwa pasti sembuh, namun alternatif berupa akupuntur dapat Anda coba terutama jika vagina perih disebabkan karena vulvodynia.

  • Terapi khusus

Terapi khusus berupa terapi psikologis dan terapi dasar panggul akan membantu mengatasi vagina perih. Terapi psikologis perlu dijalani jika vagina perih akibat kondisi traumatis. Sedangkan terapi dasar panggul bisa dilakukan jika vagina perih diakibatkan oleh disfungsi dasar panggul dann vulvodynia.

  • Operasi

Jika rasa perih pada vagina tetap tidak kunjung hilang setelah diobati dengan berbagai cara, maka operasi mungkin dapat menjadi solusi. Prosedur operasi bisa berbeda tergantung kondisi yang terjadi pada vagina.

Cara mencegah vagina perih

Kondisi vagina perih pada wanita tentunya dapat dicegah dengan menerapkan beberapa cara seperti berikut ini.

  • Hindari tertular penyakit seksual

Penyakit seksual dapat menyebabkan vagina perih. Untuk itu, Anda perlu mengupayakan agar tidak tertular penyait seksual. Caranya adalah dengan menggunakan kondom ketika berhubungan seksual. Selain itu, Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter untuk melakukan pengecekan kondisi vagina secara berkala.

  • Lakukan pemeriksaan rutin

Pemeriksaan rutin khusus area vagina juga penting untuk dilakukan. Selain mencegah vagina perih, hal tersebut juga bertujuan untuk mengecek kondisi vagina. Salah satu jenis pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah pap smear.  

  • Jaga area vagina tetap kering

Cara lain agar terhindar dari vagina perih adalah dengan menjaga area tersebut untuk tetap kering. Vagina yang lembab menyebabkan bakteri dan jamur mudah berkembang biak. Apabila bakteri dan jamur menginfeksi vagina maka rasa perih dapat terjadi. Anda bisa menjaga area vagina tetap kering dengan rutin mengganti celana dalam dan mengeringkan area vagina setelah buang air.

  • Gunakan celana dalam yang sesuai

Memperhatikan penggunaan celana dalam juga menjadi usaha pencegahan vagina perih. Gunakan celana dalam dengan bahan yang nyaman dan ukuran yang sesuai. Ukuran yang terlalu kecil dapat melukai vagina dan menimbulkan rasa perih. Bahan yang tidak nyaman juga bisa membuat area vagina menjadi mudah berkeringat dan lembab.

Apabila vagina perih tak kunjung sembuh, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter agar mendapat pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Anda juga dapat secara rutin melakukan pemeriksaan vagina sehingga dapat menghindari risiko penyakit tertentu. Konsultasi dapat dilakukan dari mana saja tanpa perlu keluar rumah dengan menggunakan aplikasi SehatQ. Melalui SehatQ, Anda akan didampingi oleh dokter yang terpercaya dan handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *