Lakukan Hal Ini Sebelum Persalinan dengan Metode Gentle Birth

hidup sehat

Melahirkan atau proses persalinan sering kali membuat seorang wanita memiliki kecemasan hingga stres. Pasalnya, stigma persalinan yang menakutkan sangat kencang terdengar di kalangan masyarakat.

Hal inilah yang sering kali membuat ibu hamil merasa kesulitan untuk tidur dimasa-masa akhir kehamilannya. Kesulitan tidur tersebut menjadi salah satu faktor penyebab dari kecemasan akan persalinan. Akan tetapi kini Anda dapat melakukan proses persalinan dengan metode gentle birth.

Apa itu metode gentle birth?

Proses melahirkan dengan metode gentle birth merupakan sebuah proses persalinan normal dengan suasana yang tenang dan damai sehingga rasa sakit karena melahirkan yang dirasakan seorang wanita dapat jauh lebih ringan.

Dengan melakukan metode persalinan ini, diharapkan seorang ibu dapat menghilangkan rasa takut akan sebuah proses persalinan. Gentle birth ini sering kali dikatakan sebagai proses melahirkan minim trauma, di mana ibu akan merasa damai, tenang dan sangat rileks. Nah, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan gentle birth.

  1. Hindari produk susu sapi

Jika Anda ingin melakukan metode gentle birth ada baiknya untuk menghindari produk susu sapi, kecuali susu murni. Pasalnya, Sebagian ras sapi menciptakan protein A1 dalam susunya yang dapat menyebabkan peradangan pada usus dan otot kita. Hal ini pun dapat mengganggu fungsi usus normal dalam menyerap nutrisi dengan baik.

Tidak hanya itu, ini juga dapat menyebabkan penumpukan lendir di jaringan panggul yang membuat kepala bayi sulit untuk turun ke jalan lahir. Penumpukan lendir tersebut pun dapat menyebabkan serviks membesar dan membuta persalinan menjadi lebih lambat.

  • Dengarkan musik

Mendengarkan musik paling tidak selama 20 menitan setiap harinya dapat membuat Anda lebih tenang. Dalam menjalani metode gentle birth, persiapan mental sangat penting, pun untuk kehamilan yang sehat. Mendengarkan lagu dapat mengajarkan ibu hamil Teknik hipnosis diri, jadi secara tidak sadar ibu hamil akan merasa lebih rileks dan menerima dengan baik setiap proses persalinan nantinya.

  • Bebas gluten dan gula

Untuk sebuah kehamilan yang sehat, Anda disarankan untuk membatasi mengonsumsi gluten dan gula. Pasalnya, perlu enam bulan untuk menghilangkan kandungan gluten dan gula pada jaringan tubuh Anda yang membuat peradangan di usus dan jaringan panggul Anda.

  • Jangan olahraga terlalu keras

Selama kehamilan dan mempersiapkan persalinan, ibu hamil tidak boleh melakukan olahraga yang terlalu berat. Pasalnya, olahraga yang berat dapat membuat otot panggul mengencang dan menyulitkan panggul untuk terbuka. Fokuslah pada yoga atau senam hamil dengan Gerakan yang lembut. Latihan lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan berjaan selama 40 menit setiap harinya.

  • Jangan makan terlalu banyak

Saat hamil, seorang wanita memang harus mengonsumsi makanan untuk dua orang. Akan tetapi tidak dibenarkan jika Anda mengonsumsi makanan untuk dua porsi sekaligus. Tetap makan pada batas yang normal dan perhatikan kandungan vitamin serta nutrisi makanan yang Anda konsumsi.

Metode gentle birth merupakan cara melahirkan positif yang dilakukan untuk mengurangi rasa trauma akan stigma menakutkan sebuah peralsinan. Seorang pria pun memiliki peranan penting dan akan ikut dilatih untuk gentle birth tersebut.

Jika tidak memiliki masalah atau komplikasi selama kehamilan, Anda bisa menjadikan metode gentle birth ini sebagai salah satu cara persalinan Anda. Untuk bisa melakukan gentle birth pastikan juga rumah sakit atau tempat Anda melahirkan nantinya menyediakan layanan tersebut. Dan, hal yang paling penting untuk membuat semua proses berjalan dengan lancar, Anda harus tetap mengonsultasikan hal tersebut pada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *