Manfaat Terapi ADHD pada Anak

Parenting
Terapi ADHD dapat dilakukan apabila sudah mendapatkan diagnosis dari dokter

Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau juga disebut dengan ADHD merupakan sebuah keadaan medis yang erat kaitannya dengan perhatian dan self-control pada anak. Pada umumnya anak dengan ADHD mengalami kesulitan fokus pada satu hal sehingga cenderung terlihat seperti anak yang hiperaktif dan memiliki banyak hal untuk dipikirkan, kondisi ini bisa diatasi dengan terapi ADHD.

Apabila kondisi ADHD pada anak dibiarkan maka akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak, dampaknya mereka akan kesulitan untuk bermain dan belajar. Hal inilah yang membuat kondisi ini harus segera mendapat penanganan, salah satunya dengan menggunakan terapi sebagai bagian dari pengobatan anak ADHD.

Manfaat Terapi ADHD

Ketika menjalani terapi ini anak akan mendapat kesempatan secara rutin untuk bertemu dengan terapis yang membantu masalah akibat dari ADHD. Terapi ini lebih berfokus untuk mengajarkan anak bagaimana menggunakan kemampuan, seperti mendengarkan dan bersikap dengan lebih baik. Beberapa anak membutuhkan terapi ini untuk membantu mengatur emosi mereka.

Pada umumnya anak akan merasa kesal terhadap diri mereka sendiri karena masalah yang muncul akibat ADHD. Ketika menjalani terapi, anak akan mempelajari kemampuan guna membantu merkea melakukan semua hal dengan lebih baik. Selain itu, terapi juga membuat perasaan seorang anak bisa menjadi lebih baik serta nyaman dengan diri mereka sendiri.

Manfaat terapi ini juga membuat anak dapat mengetahui keterampilan yang dimiliki atau bahkan dibutuhkan bagi mereka, seperti memperhatikan dan menggunaan kebiasaan belajar dengan lebih baik. Sementara itu proses terapi ini dimulai dengan terapis yang mengawali diskusi dengan anak dan orang tuanya serta menanyakan riwayat kondisi sang anak.

Tahap Terapi

  • Bicara

Terapis memulai dengan mengajarkan anak ADHD untuk mengungkapkan perasaan mereka melalui ucapan dan bukan tindakan. Proses dari anak yang berbicara dan mendengarkan ini akan membantu mereka merasa mengerti sehingga siap untuk belajar. Kondisi ini penting dilakukan, agar para anak ADHD bisa mendengarkan dan memerhatikan dengan baik.

  • Bermain

Selanjutnya terapis akan mengajak anak ADHD untuk bermain permainan yang sekaligus memberikan pelajaran. Seperti menunggu giliran, mengkuti aturan hingga berusaha untuk menghadapi kemenangan dan kekalahan. Hal ini dilakukan supaya anak dapat belajar lebih sabar, tidak tergesa-gesa dan mampu mengendalikan diri dengan baik.

  • Aktivitas Sambil Belajar

Proses terapi untuk anak ADHD juga mengajarkan mengenai pengendalilan dan pengelolaan emosi, bagaimana cara mengorganisir pekerjaan, sekolah, belajar dan pengertian terhadap orang lain. Aktivitas yang disertai dengan lembar kerja mampu membantu anak ADHD menjalani terapi dengan lebih menyenangkan.

  • Keterampilan Baru

Terapi ini juga mengajarkan keterampilan baru bagi anak ADHD seperti latihan pernapasan hingga bagaimana memiliki perhatian yang besar. Selain itu, terapi ini juga mampu membantu anak untuk dapat menenangkan pikiran dan tubuhnya. Lebih dari itu, terapis akan berusaha membantu anak dalam menemukan keterampilan baru.

  • Pemecahan Masalah

Terapi ADHD mengharuskan terapis banyak mencari tahu sejauh mana ADHD memengaruhi anak dalam lingkungan, baik itu sekolah maupun rumah. Terapis akan mendorong anak mengungkapkan masalah yang seringkali mereka temui dalam kehidupan, tentunya masalah yang disebabkan karena ADHD itu sendiri.

Jika anak sudah mengetahui semuanya, terapis akan membantu anak dalam mencari dan memperdalam potensi guna menyelesaikan masalah tersebut. Perlu diketahui bahwa menjalani terapi ini membutuhkan waktu yang relatif, artinya bisa lama atau cepat. Hal ini tergantung seberapa sering terapis menemui anak yang menderita ADHD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *