Manfaat Tidur Bersama Kucing

hidup sehat

Kebanyakan pemilik kucing senang saat kucing mereka berada di tempat tidur di samping mereka, hal tersebut sangat murni dan nyaman. Tetapi apakah tidur bersama kucing memiliki konsekuensi kesehatan?

Kucing merupakan binatang yang juara dalam hal tidur, karena mereka menghabiskan sekitar 15 jam sehari, tentu saja siklus tidur mereka tidak sama dengan manusia.

Jika Anda tidur bersama kucing Anda, maka Anda seperti mayoritas pemilik kucing pada umumnya. Hampir dua pertiga pemilik kucing mengundang kucing mereka ke tempat tidur bersama mereka. Karena kucing suka untuk dipeluk, nyaman, dan lembut. Selain itu, dengkuran mereka bahkan dapat mensimulasikan efek white noise. Lalu apa keuntungan yang Anda dapatkan jika tidur bersama kucing kesayangan?

  • Menenangkan

Hewan peliharaan melindungi dari kesepian, kecemasan, dan depresi. Memiliki kucing di dekat Anda saat Anda istirahat dapat sangat membantu, terutama jika Anda cenderung mengalami mimpi buruk atau bangun dengan perasaan tertekan. Orang sering mengatakan anjing adalah sahabat terbaik manusia, tetapi kucing juga pantas mendapat tempat khusus di hati kita.

  • Meredakan stres

Hewan peliharaan dapat membantu menghilangkan stres. Tindakan membelai dan meringkuk meningkatkan kadar oksitosin (hormon bahagia) sekaligus mengurangi kadar kortisol (hormon stres) Anda. Manfaat ini juga diterjemahkan ke tekanan darah rendah dan kemampuan mengatasi yang lebih baik. Sehingga tidur bersama kucing mampu membuat suasana Anda lebih rileks.

  • Mempromosikan ikatan dengan hewan peliharaan Anda

Jika Anda memiliki jadwal yang padat dan Anda sering tidak di rumah, Anda mungkin tidak dapat menghabiskan banyak waktu berkualitas dengan hewan peliharaan Anda.  Sesi meringkuk di tempat tidur bisa menjadi blok waktu terlama yang Anda miliki dengan kucing Anda, jadi Anda mungkin ingin memanfaatkan waktu tidur tersebut untuk menjalin ikatan.

  • Membantu Anda tertidur

Selama kucing Anda tenang pada jam yang wajar, hal ini dapat membantu Anda tertidur.  Banyak hewan suka tidur siang di dekat kepala atau di kaki Anda. Jika mereka berbaring di kaki atau batang tubuh Anda, maka Anda mendapatkan manfaat tambahan karena mereka bertindak seperti selimut berbobot, yang terbukti mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan meningkatkan siklus tidur yang sehat.

Karena kucing cenderung tidur dalam waktu singkat dan tetap aktif di malam hari, mereka mungkin tidak ingin tidur bersama Anda di malam hari. Untuk membantu melatih mereka agar tenang di malam hari dan meringkuk, Anda bisa mencoba tips berikut ini:

  • Terlibat dalam sesi permainan yang intens sebelum tidur untuk membuat mereka melepaskan energi yang terpendam dan bersiap untuk tidur.
  • Gunakan feeder otomatis agar kucing Anda bisa bangun di tengah malam untuk makan camilan tengah malam tanpa mengganggu Anda.
  • Beli atau buatlah tempat bertengger untuk kucing Anda sehingga mereka dapat mengamati sekelilingnya dan bagian luarnya dari tempat yang lebih tinggi.
  • Simpan mainan di sekitar rumah sehingga jika anak kucing Anda benar-benar ingin bermain di tengah malam, dia dapat menghibur dirinya sendiri tanpa membangunkan Anda.
  • Pertimbangkan mendapatkan kucing kedua untuk menemani. Sehingga mereka berdua bisa bangun untuk bermain dan kemudian kembali ke tempat tidur saat waktunya tidur siang.  

Banyak kucing suka tidur bersama pemiliknya karena mereka rentan di malam hari. Di alam liar, mereka dimangsa oleh hewan yang lebih besar dan mencari perlindungan. Mereka mungkin merasa aman dan nyaman ketika bersama Anda, jadi tidak mengherankan jika mereka ingin tidur dengan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *