Masker Wajah Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori

Kulit & Kecantikan

Pori-pori yang besar bisa menjadi sumber dari berbagai masalah kulit. Pori-pori yang besar biasanya disebabkan oleh kotoran, minyak, dan sisa makeup yang menumpuk dan mengendap di permukaan kulit. Selain itu, kebiasaan memencet komedo menggunakan tangan juga dapat membuat pori pori Anda semakin besar. Tenang, masker wajah alami bisa mengatasinya dan Anda tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkannya.

Ada begitu banyak bahan-bahan alami yang dapat dijadikan masker untuk mengatasi masalah pori-pori ini. Hampir semuanya tersedia di sekitar kita sehingga mudah didapatkan. Setelah membaca artikel ini, diharapkan masalah di kulit wajah Anda bisa segera teratasi.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa dijadikan masker untuk mengecilkan pori-pori di kulit wajah:

  • Putih telur

Putih telur sangat beragam manfaatnya untuk kecantikan, salah satunya adalah dapat membantu mengecilkan pori-pori. Khasiat itu didapatkan dari zat astringent. Gunakan masker wajah alami ini di area T-Zone Anda.

Cara membuat masker wajah alami dari putih telur sangatlah mudah dan praktis. Siapkan putih telur dan kemudian campurkan ke dalam perasan air lemon untuk menghilangkan bau amis. Oleskan secara merata ke seluruh wajah yang memiliki pori-pori besar. Diamkan selama 15 menit baru bilas.

  • Mentimun

Mentimun mengandung air yang sangat tinggi, kandungan air inilah yang bersifat dingin dan mampu mengecilkan pori-pori wajah. Selain membantu mengecilkan pori-pori wajah secara alami, masker wajah alami dari timun juga mampu mengatasi komedo dan minyak berlebih.

Anda bisa mencoba masker mentimun ini di rumah. Pertama, bersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian, haluskan mentimun menggunakan blender. Oleskan masker mentimun secara merata, dan berikan pijitan halus secara melingkar. Diamkan sekitar 20-30 menit, lalu bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

  • Madu

Madu ternyata juga bisa membantu mengecilkan pori-pori wajah. Selain mengecilkan pori-pori, madu juga mengandung anti-okisdan yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati, ketika kulit mati sudah terangkat maka pori–pori akan mengecil. Selain mengecilkan pori-pori, madu juga bisa membantu wajah lebih lembap dan cerah. Cara menggunakannya sangat mudah, siapkan madu satu sendok makan lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas.

  • Oatmeals

Oatmeals merupakan sereal kaya akan serat yang berasal dari gandum. Selain baik bagi pencernaan, kandungan serat tersebut juga bisa mengecilkan pori-pori wajah dengan aman dan cepat. Kombinasikan oatmeals dengan susu bubuk dan madu.

Cara membuat masker wajah alami ini bisa dimulai dengan menyiapkan 2 sendok oatmeals, 5 sendok madu alami, dan 2 sendok susu bubuk. Campur semua bahan tadi, aduk sampai berbentuk krim. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung anti-oksidan atau polifenol yang dapat membantu mengecilkan pori-pori. Selain itu, kandungan zat linoleic acid bisa mengurangi tanda-tanda penuaan yang ada pada wajah. Anda hanya perlu meneteskan minyak zaitun ke dalam wadah berisi satu sendok teh madu. Lalu oleskan masker wajah alami ini dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih setelahnya.

  • Air rendaman beras

Air rendaman beras memang memiliki khasiat untuk kecantikan sejak zaman kuno. Air rendaman beras juga efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah. Kandungan asam ferullic serta allantoin di dalamnya dapat membantu mengecilkan pori-pori. Caranya, rendam beras dalam wadah semalaman. Biarkan beras mengendap dan gunakan air endapannya sebagai masker wajah alami.

Nah, cukup mudah ‘kan membuat masker wajah alami untuk mengecilkan pori-pori? Anda bisa mencoba beberapa resep di atas sebagai upaya mempercantik tampilan kulit. Namun, jika Anda mengalami masalah kulit lain, sebaiknya hentikan penggunaan dan segera datangi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *