Mengenali Positive Self Talk dan Cara Menerapkannya dalam Keseharian

hidup sehat

Pernahkah Anda mendengar istilah positif self talk? Istilah ini disebut-sebut mampu meredakan stress hingga membuat Anda mampu berdamai dengan kondisi sulit yang sedang Anda hadapi.

positive self talk

Mengenal Positive Self Talk

Untuk sebagian orang, bercerita mengenai keluh kesah dan masalah yang sedang dihadapi pada orang lain terasa sangat melegakan. Hal ini tidak terlepas dari kodrat manusia sebagai makhluk sosial.

Namun, bagi sebagian yang lain, mereka akan lebih memilih untuk memendam isi hatinya dibanding menceritakan pada orang lain. Biasanya mereka akan memulai perbincangan dengan diri sendiri. Entah itu melalui ide, pemikiran, keyakinan, hingga pertanyaan-pertanyaan. Dialog dengan diri sendiri inilah yang disebut dengan self talk.

Self talk bisa dilafalkan dengan suara lantang atau diucapkan dalam hati saja, ini sama-sama jadi sugesti untuk diri. Dengan self talk Anda akan lebih terbantu untuk merasa sadar dalam segala hal, baik itu berpikir, bertindak, atau merasa.

Self talk bergantung pada kepribadian seseorang, bisa berupa hal positif (positive self talk) dan hal negatif (negative self talk).

Positif self talk cenderung pada orang dengan pemikiran optimis yang berisi harapan dan positif lainnya. Berbeda dengan negative self talk yang cenderung memprioritaskan pemikiran negatif dan pesimis. 
Cara seseorang berdialog dengan diri sendiri ini akan mempengaruhi cara mereka menangani stress dan tekanan dalam hidupnya.

Manfaat Positive Self Talk

Ternyata, self talk punya peran yang cukup penting dalam keseharian. Bahkan, seorang atlet yang sudah terbiasa mendengarkan positive self talk, cenderung dapat bertahan mengangkat beban lebih lama.

Ada banyak sekali manfaat positif self talk yang harus Anda ketahui:

  • Membuat kondisi fisik jadi lebih baik
  • Tubuh jadi lebih bugar
  • Pikiran tidak didominasi oleh rasa stres
  • Menurunkan risiko kematian
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Memperbaiki fungsi imun
  • Membuat Anda lebih puas terhadap hidup yang dijalani

Meski tidak diketahui alasan kenapa positive self talk bisa memberikan beragam manfaat tersebut. Namun, menurut beberapa penelitian, positive self talk bisa membuat seseorang dapat mengendalikan pemikirannya dalam menyelesaikan masalah atau situasi yang dihadapi.

Selain itu, orang yang terbiasa dengan positive self talk cenderung memiliki pola pikir yang berbeda, di mana mereka akan berpikir lebih efisien saat menghadapi tantangan.

Cara Menerapkan Positive Self Talk Sehari-hari

Positive self talk harusnya lebih banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mempraktikkan positive self talk ini, di antaranya:

  1. Berikan Afirmasi Positif

Sering sekali positive self talk dapat diperkuat dengan adanya pemicu atau sumber afirmasi positif. Misalnya berupa quote inspirasi atau gambar yang membuat pikiran Anda bisa tervalidasi. Anda bisa meletakkan quote inspirasi ini di tempat-tempat yang Anda kunjungi, misalnya di meja kerja, kamar, atau buat notes di smartphone Anda.

  • Dengarkan Perasaan Anda

Saat situasi dalam diri lebih didominasi oleh hal yang negatif atau bahkan ketika negative self talk lebih kuat, cobalah untuk mengambil jeda sejenak. Pikirkan apa yang membuat kondisi menjadi serba negatif. Cobalah untuk evaluasi diri agar kondisi bisa lebih baik. Ini bertujuan untuk memetakan masalah dan membuat Anda berpikir jernih.

  • Menghindari Negative Self Talk

Ada saat tertentu seseorang merasa berada di situasi yang meragukan kemampuan diri sendiri. Terutama ketika Anda berada di kondisi yang kompleks atau masalah sulit. Secara tidak langsung hal ini memberi ruang yang lebih untuk negative self talk. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda terjebak dalam negative self talk, agar pemikiran-pemikiran optimis dan positif lebih mendominasi.

  • Berkumpul dengan Orang Positif

Kita akan dipengaruhi oleh lingkungan dan dengan siapa Anda bergaul. Berkumpul dengan orang-orang positif yang selalu optimis, maka semakin besar validasi atas positive self talk Anda.

  • Alihkan Perhatian pada Hal yang Lucu

Jika Anda menemukan sesuatu terasa semakin sulit, cobalah untuk melihatnya dengan selipan humor. Meski hal ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang, apalagi ketika mengelola ekspektasi terasa semakin sulit. Jika pikiran negatif mulai muncul, alihkan dengan melihat seseuatu yang lucu dan menyenangkan agar Anda berhasil mendengarkan positive self talk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *