Pengobatan di Rumah Untuk Tinea Unguium atau Jamur Kuku Anda

penyakit

Tinea unguium atau biasa disebut jamur kuku adalah infeksi yang masuk melalui celah di kuku Anda atau luka di kulit Anda dan biasa terjadi di jari kuku kaki Anda. Infeksi ini dapat membuat kuku Anda berubah warna atau menjadi lebih tebal, dan juga bisa menyakitkan. 

Kenapa jari kaki Anda lebih sering terkena jamur kuku? Karena jari kaki Anda sering berada di tempat hangat dan lembab, sehingga membuat jamur tumbuh dengan baik di sana. Berbagai jenis jamur dan ragi mempengaruhi berbagai bagian kuku Anda. Jika tidak diobati, infeksi tersebut dapat menyebar ke kuku kaki lain, kulit, atau bahkan kuku Anda.

Perawatan medis biasanya melibatkan penggunaan obat antijamur yang biasanya diresepkan oleh dokter Anda. Meskipun efektif, beberapa orang mengalami efek samping yang tidak menyenangkan, mulai dari sakit perut hingga masalah kulit lainnya. Akibatnya, beberapa orang dapat memilih pengobatan rumahan untuk mengobati infeksi jamur kuku. 

Berikut ini adalah beberapa pengobatan di rumah yang dapat Anda coba untuk mengobati jamur kuku atau tinea unguium:

  1. Baking soda

Baking soda atau soda kue dapat menyerap kelembaban yang dapat menyebabkan jamur kuku jari kaki Anda. Dalam salah satu penelitian, peneliti mempelajari efek baking soda pada jamur yang umumnya menyebabkan infeksi, seperti jamur kuku.

Para peneliti menemukan bahwa baking soda mencegah pertumbuhan jamur pada 79% spesimen yang diuji. Dalam 17% lainnya, baking soda dibuktikan dapat mengurangi pertumbuhan jamur di kuku Anda.

Cara menggunakannya

Anda dapat mencoba memasukkan soda kue ke dalam kaus kaki dan sepatu Anda untuk membantu menyerap kelembaban.

Selain itu, Anda  juga dapat mengoleskan pasta soda kue dan air langsung ke kuku yang sakit dan membiarkannya selama setidaknya 10 menit sebelum dibilas. Ulangi cara ini beberapa kali sehari sampai jamur di kuku Anda hilang.

  1. Cuka 

Cuka adalah produk rumah tangga umum yang mudah untuk ditemukan karena biasa digunakan untuk memasak dan beberapa solusi pembersihan rumah lainnya. Meskipun belum ada bukti secara klinis sampai saat ini, ada bukti anekdotal yang menunjukkan bahwa cuka termasuk alat yang efektif untuk membantu mengobati jamur kuku Anda.

Cara menggunakannya

Anda dapat mengoleskan cuka langsung ke kuku yang terkena tinea unguium dengan merendam jari kaki dalam semangkuk air hangat yang sudah dicampur dengan cuka. Anda harus menggunakan campuran dengan perbandingan 2:1 untuk air dan cuka.

  1. Bawang putih

Biasanya Anda menggunakan bawang putih untuk membuat bumbu makanan, dan ternyata bawang putih juga dapat membantu mengobati jamur kuku Anda.

Salah satu penelitian menemukan bahwa ekstrak bawang putih menunjukkan sifat antijamur yang kuat terhadap jamur yang menyebabkan infeksi jamur. Selain itu, penelitian lain juga melaporkan hasil yang menjanjikan untuk minyak bawang putih terhadap jenis jamur tertentu.

Cara menggunakannya

Banyak orang menggunakan bawang putih cincang untuk membantu mengobati jamur kuku mereka. Untuk menggunakan bawang putih, potong cincang dan oleskan ke kuku Anda yang terkena jamur dan biarkan selama 30 menit.

Berhati-hatilah saat menggunakan bawang putih untuk mengobati jamur kuku jari kaki Anda, karena bawang putih mentah terkadang dapat menyebabkan luka bakar pada kulit.

  1. Minyak oregano

Minyak oregano mengandung timol, timol sendiri terbukti memiliki sifat antijamur dan antibakteri.

Cara menggunakannya

Untuk mengobati jamur kuku kaki Anda, oleskan minyak oregano ke kuku yang terkena dua kali sehari dengan kapas.

  1. Obat kumur

Seperti halnya cuka, tidak ada bukti ilmiah langsung yang mendukung penggunaan obat kumur untuk mengobati jamur kuku. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak jenis obat kumur memiliki sifat antijamur.

Satu penelitian melaporkan bahwa tujuh jenis obat kumur komersial menunjukkan beberapa aktivitas antijamur dalam sampel laboratorium.

Cara menggunakannya

Anda dapat merendam kuku kaki Anda ke dalam mangkuk kecil berisi obat kumur.

Kapan Anda Harus ke Dokter?

Dalam kebanyakan kasus, jamur kuku dianggap sebagai salah satu masalah estetika. Namun, tinea unguium dapat menyebabkan komplikasi serius bagi sebagian orang tertentu.

Jika Anda menderita diabetes, tinea unguium dapat menyebabkan bisul kaki atau masalah kaki lainnya. Jika Anda memiliki diabetes atau sistem kekebalan tubuh yang lemah, Anda tidak boleh menggunakan obat rumahan untuk mengobati tinea unguium. Hubungi dokter Anda untuk perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *