berat badan ideal anak

Pentingnya Anak Memiliki Berat Badan Ideal

hidup sehat

Berat badan ideal pada anak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Mengapa demikian? Berat badan ideal anak merupakan aspek yang diacu untuk mengecek gizi dan perkembangannya. Berat badan ideal anak juga tidak bisa disamaratakan alias perlu disesuaikan dengan usianya. Untuk mengusahakan berat badan ideal anak, maka perlu beberapa usaha yang tepat. Perkembangan anak akan berpengaruh jangka panjang hingga ia dewasa nantinya, sehingga perlu untuk dipantau secara seksama.

Rumus menghitung berat badan ideal anak

Untuk menghitung berat badan ideal anak, terdapat rumus sederhana yang dapat Anda gunakan. Rumus untuk menghitung berat badan ideal anak berbeda berdasarkan umur. Berikut rumusnya:

  • Untuk usia 3 bulan hingga 12 bulan

Berat badan anak (dalam kilogram) =  (usia dalam bulan + 9) : 2

  • Untuk usia 1 tahun hingga 5 tahun

Berat badan ideal (dalam kilogram) =  (usia dalam tahun x 2) + 8

  • Untuk usia 6 tahun hingga 12 tahun

Berat badan ideal (dalam kilogram) =  (usia dalam tahun x 7) : 2

Bahaya berat badan tidak ideal

Apabila berat badan ideal anak tidak tercapa, berbahayakah? Saat berat badan berlebihan atau kurang, maka hal tersebut menunjukkan bahwa gizi yang diterima tidak seiembang. Tentunya hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan anak dalam jangka panjang baik dari segi kepintaran, motorik, fisik, maupun psikis.

  • Jika anak terlalu kurus

Anak terlalu kurus dapat disebabkan oleh sulit makan. Hal ini lumrah terjadi pada anak-anak usia balita sebab mereka mulai pemilih dalam hal makanan. Anak-anak cenderung tidak menyukai makanan sehat seperti sayur dan buah sehingga menolak ketika disuruh makan. Apabila tubuh terlalu kurus, maka bisa saja anak kekurangan nutrisi. Jika nutrisinya tidak tercukupi, maka kemampuan otaknya pun ikut menurun. Hal tersebut menyebabkan anak menjadi lambat dalam belajar, merespon, serta berbicara.

  • Jika anak terlalu gemuk

Bahaya juga mengintai apabila anak terlalu gemuk apalagi sampai mengalami obesitas. Berat badan yang terlalu berlebihan akan meningkatkan risiko anak terkena penyakit seperti asma, tekanan darah tinggi, kolesterol, dan gangguan sendi. Anak yang mengalami berat badan berlebih umumnya terjadi karena terlalu banyak makan namun bukan makanan sehat.

Cara membuat berat badan menjadi ideal

Jika berat badan ideal anak belum tercapai, tentunya ada dua kemungkinan: berat badan berlebihan atau kurang. Untuk itu, terdapat cara membuat berat badan ideal anak tercapai seperti berikut ini.

  • Menaikkan berat badan anak

Menaikkan berat badan guna mendapatkan berat badan ideal anak pun perlu diusahakan. Cara untuk menaikkan berat badan dimulai dengan melakukan evaluasi sehingga dapat diketahui penyebab badan kurus yang dialami. Apabila anak mengalami stres karena merasa tidak nyaman maka sebaiknya bantu anak untuk meredakan stres tersebut. Jika anak merupakan picky eater, Anda dapat mencoba mengkreasikan makanan dengan berbagai variasi dan bentuk lucu sehingga anak tetap mau memakan sayur dan buah.

  • Menurunkan berat badan anak

Cara untuk menurunkan berat badan pada anak paling utama yaitu dengan mengatur pola makan. Anda harus benar-benar memastikan bahwa yang dikonsumsi merupakan makanan dan minuman sehat. Selain itu, anak perlu diajak melakukan aktivitas dan olahraga sehingga lemak di tubuhnya dapat berkurang.

Terkadang berat badan ideal sangat sulit untuk dicapai karena beberapa faktor, salah satunya adalah genetika. Kondisi badan anak yang gendut atau kurus dapat dipengaruhi genetika tersebebut. Selain itu, faktor tertentu juga membuat berat badan sulit naik seperti adanya stres, anak terlalu pemilih ketika makan, dan adanya gangguan makan yang berhubungan dengan kemampuan sensorik. Anda dapat mengonsultasikan berat badan ideal anak pada dokter melalui aplikasi SehatQ. Nantinya dokter akan membantu agar berat badan ideal anak mampu tercapai sesuai dengan usianya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *