Penyakit Sinusitis Kronis

penyakit

Sinusitis adalah peradangan yang menyebabkan rasa sakit, tekanan, dan pembengkakan pada sinus. Sinusitis kronis adalah sinusitis yang berlangsung lama, biasanya lebih dari 12 minggu.

Tidak seperti sinusitis akut, yang seringkali disebabkan oleh infeksi sinus, sinusitis kronis biasanya tidak disebabkan oleh bakteri dan tidak selalu menjadi lebih baik dengan perawatan standar, seperti antibiotik. Sinusitis kronis kadang-kadang disebut juga rinosinusitis kronis.

Sinus adalah ruang lembab, berongga di belakang tulang wajah Anda. Mereka biasanya mengalir melalui hidung. Ketika sinus tidak dapat mengalir, karena masalah seperti infeksi yang menyumbat hidung, pembengkakan, iritasi, atau reaksi alergi, maka lendir dan cairan lain, termasuk nanah, tetap terperangkap dalam sinus.

Kondisi ini dapat menyebabkan sinus membengkak dan menjadi terinfeksi, peradangan ini disebut sinusitis.

Sinusitis akut biasanya disebabkan oleh flu biasa atau infeksi ringan dan biasanya hilang dalam 10 hari. Beberapa orang dengan sinusitis akut mengembangkan infeksi yang memerlukan antibiotik.

Sedangkan sinusitis kronis biasanya bertahan lebih dari 10 hari, tetapi gejalanya sama, termasuk:

  • Rasa sakit dan tekanan di atas mata, di sepanjang sisi hidung, dan di belakang pipi
  • Keluarnya lendir berwarna hijau atau kuning dari hidung
  • Merasa sesak
  • Sakit di hidung atau tenggorokan
  • Demam
  • Sulit tidur karena tersumbat
  • Sering bersin

Dokter percaya bahwa sinusitis kronis mungkin merupakan gangguan peradangan yang mirip dengan asma dan alergi.  Beberapa opsi perawatan termasuk:

  • Antibiotik

Meskipun dokter masih tidak setuju tentang peran antibiotik sebagai pengobatan untuk sinusitis kronis, beberapa orang menemukan bahwa amoksisilin dengan kalium klavulanat dapat membantu. Terkadang, dokter dapat meresepkan antibiotik lain.

  • Kortikosteroid hidung 

Obat steroid ini dapat membantu tubuh menyembuhkan, mengurangi peradangan, dan meredakan gejala sinusitis Anda. Beberapa orang mengalami efek samping dengan steroid, jadi penting untuk berbicara dengan dokter mengenai manfaat dan resikonya.

  • Operasi

Beberapa orang dengan sinusitis kronis mungkin memerlukan operasi untuk membersihkan sinus mereka. Kondisi ini kadang-kadang dapat dilakukan dengan pelebaran balon, jika ini tidak berhasil, maka sinus Anda mungkin perlu diangkat.

  • Irigasi nasal

Ini adalah perawatan tanpa resep untuk membersihkan sinus Anda. Semprotan saline, neti pot, dan perangkat lain yang menyiram sinus dengan air dapat membantu menghilangkan infeksi dan mengurangi iritasi yang Anda alami.

Terdapat beberapa penyebab sinusitis kronis, penyebab paling umum meliputi:

  • Penyumbatan yang mencegah sinus dari pengurasan

Hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada hidung atau wajah, polip dan tumor hidung, atau karena infeksi kronis. Orang dengan septum yang menyimpang lebih mungkin mengembangkan sinusitis kronis.

  • Infeksi yang tidak biasa

Banyak infeksi pada sinus sembuh dengan antibiotik tradisional. Namun, beberapa infeksi, seperti infeksi jamur dan infeksi yang kebal antibiotik, tidak hilang dengan pengobatan antibiotik konvensional.

  • Biofilm

Biofilm adalah koloni bakteri yang menciptakan film tebal yang mirip dengan plak pada gigi. Biofilm sulit untuk dihilangkan, tetapi strategi yang membersihkan sinus, termasuk irigasi hidung dan pembedahan, dapat membantu.

  • Paparan terhadap iritasi dan alergen

Orang dengan alergi dan asma lebih mungkin mengembangkan sinusitis kronis karena kondisi ini dapat meningkatkan tekanan dan iritasi pada saluran hidung dan sinus. Orang dengan alergi dan asma dapat bereaksi terhadap asap rokok, alergen hidung, partikel debu, polusi udara, dan sumber iritasi lainnya.

  • Masalah sistem kekebalan

Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan membuat tubuh Anda lebih sulit melawan infeksi dan peradangan. Orang dengan fibrosis kistik mungkin sangat rentan terhadap sinusitis kronis. Penyakit sistem kekebalan tubuh, seperti HIV, juga bisa menjadi penyebabnya.

Sinusitis kronis bisa sangat menyakitkan.  Orang dengan kondisi ini mungkin merasa sakit selama berminggu-minggu. Perawatan medis yang cepat dari dapat membantu mengobati kondisi ini. Segera temui dokter jika Anda memiliki tanda-tanda sinusitis. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *