Penyakit yang Ditimbukan karena Gangguan Metabolik

penyakit

Salah satu jenis penyakit yang harus dihindari adalah gangguan metabolik pada tubuh kita. Secara umum, gangguan tersebut dapat terjadi apabila metabolisme di dalam tubuh tertanggu, sehingga dapat mengalami kegagalan dalam memproses produksi energi yang dibutuhkan.

Dalam dunia medis, gangguan metabolik dapat dialami manusia dalam berbagai bentuk, seperti kekurangan gizi, adanya reaksi kimia yang tidak normal dan menghambat proses metabolisme, hilangnya enzim atau vitamin, bahkan mengidap penyakit yang menyerang organ tubuh, seperti hati, pankreas dan lain sebagainya.

Kita memang perlu memberikan khusus pada penyakit ini lantaran bisa menyebabkan munculnya penyakit lain pada tubuh. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas penyakit-penyakit apa saja yang bisa diderita dan diakibatkan karena gangguan metabolik.

  • Friedreich Ataxia

Penyakit yang bisa muncul karena gangguan pada metabolisme tubuh adalah friedreich ataxia. Jenis penyakit ini biasanya masih berkaitan dengan protein yang kerap disebut frataxin. Hal itu, bagi penderitanya bisa menyebabkan kerusakan saraf dan pada kasus tertentu dapat berimplikasi pada jantung.

  • Galaktosemia

Penyakit berikutnya yang disebabkan gangguan metabolik pada tubuh adalah galaktosemia. Merujuk pada beberapa kasus, penyakit ini disebabkan karena adanya kelainan pada metabolisme tubuh. Kondisi ini umumnya diderita oleh bayi yang baru lahir setelah kali pertama mengkonsumsi ASI atau susu formula.

Gangguan tersebut pun terjadi antara adanya kerusakan untuk memecah galaktosa yang kemudian menyebabkan penderitanya menderita penyakit muntah-muntah, pembesaran hati, dan penyakit kuning.

  • Penyimpanan Lisosom

Penyakit lain yang dapat dialami penderita gangguan metabolik adalah munculnya gangguan penyimpanan lisosom. Berkenaan dengan itu, apabila di antara pembaca ada yang mengalami kekurangan enzim pada lisosomnya, maka penumpukan zat beracun bisa saja terjadi dan bisa mengakibatkan munculnya gangguan metabolisme.

  • Peroxisomal

Kondisi yang mirip dengan gangguan pada penyimpanan lisosom adalah gangguan peroxisomal. Umumnya, gangguan tersebut bisa saja dialami karena pada ruang kecil yang diisi oleh enzim di dalam sel, yang apabila fungsi enzimnya terganggu bisa mengakibatkan penumpukan zat beracun dari metabolisme.

Sebetulnya, masih ada beberapa penyakit lainnya yang bisa disebabkan karena terjadinya gangguan metabolik pada tubuh. Namun, dari penjelasan singkat di atas paling tidak kita mengetahui apabila metabolisme terganggung itu bisa memicu munculnya penyakit lain.

Kendati demikian, pembaca yang budiman bisa melakukan pencegah agar terhindar dari gangguan tersebut. Meskipun upaya pencegahan sulit karena umumnya gangguan metabolik berkaitan dengan genetik, tapi tetap ada hal-hal yang bisa dilakukan.

Berkenaan dengan itu, sebagai upaya pencegahan pembaca bisa menerapkan pola hidup sehat. Hal ini bisa dengan menjaga kondisi berat badan yang ideal. Biasanya, berat badan ideal itu tidak lepas dari tinggi badan. Oleh karenanya, anda bisa mencari tahu lebih dahulu.

Kemudian, untuk mencegah gangguan metabolik khususnya diabetes tipe 2, pembaca dari sekarang bisa membiasakan diri mengonsumsi makanan bergizi. Terkait itu, penting untuk memperhatikan porsi antara sayur, buah, protein, dan sebagainya.

Selain itu, disarankan juga untuk mulai mengurangi minuman yang memiliki kandungan gula berlebih, seperti minuman bersoda, minuman dengan perasa manis buatan, dan lain sebagainya. Selain itu, olahraga teratur juga dianjurkan. Dalam melakukannya, paling tidak selama sehari meluangkan waktu 15-30 menit dalam olahraga.

Itulah hal-hal yang bisa dijelaskan berkenaan dengan penyakit yang ditimbulkan dan mencegah kondisi gangguan metabolik. Melalui artikel ini, diharapkan pembaca tidak menganggap remeh penyakit tersebut. Selain bisa menyebabkan penyakit lain, tentu gangguan metabolik akan sangat mengganggu kita dalam beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *