Penyebab Infeksi Inkompatibilitas Rhesus

Kehamilan

Salah satu tes pertama yang harus dilakukan wanita hamil adalah tes golongan darah. Tes ini memeriksa golongan darah dan faktor rhesus Anda. Karena ketika Anda hamil, Anda kemungkinan memiliki infeksi inkompatibilitas rhesus.

Ketika seorang wanita dan bayinya yang belum lahir membawa faktor protein rhesus yang berbeda, kondisi mereka disebut infeksi inkompatibilitas rhesus. Kondisi ini terjadi ketika seorang wanita Rh-negatif dan bayinya Rh-positif. Faktor Rh adalah protein spesifik yang ditemukan di permukaan sel darah merah Anda.

Faktor rhesus Anda tidak secara langsung mempengaruhi kesehatan Anda. Namun faktor rhesus menjadi penting selama kehamilan. Jika Anda rhesus negatif dan bayi Anda rhesus positif, maka tubuh Anda akan mendekati protein rhesus-positif sebagai benda asing.

Gejala infeksi inkompatibilitas rhesus pada bayi Anda yang belum lahir dapat berkisar dari ringan hingga yang mengancam jiwa. Ketika antibodi Anda menyerang sel darah merah bayi Anda, penyakit hemolitik dapat terjadi. Hal ini berarti sel darah merah bayi Anda hancur.

Ketika sel darah merah bayi Anda yang sehat dihancurkan, bilirubin akan menumpuk di aliran darahnya. Bilirubin adalah bahan kimia yang dibuat dari pemecahan sel darah merah. Terlalu banyak bilirubin merupakan tanda bahwa hati yang bertanggung jawab untuk memproses sel darah tua sedang mengalami masalah.

Bayi Anda mungkin mengalami satu atau beberapa gejala berikut jika kadar bilirubinnya tinggi setelah lahir:

  • Penyakit kuning, menguningnya kulit dan bagian putih mata
  • Kelesuan
  • Tonus otot rendah

Gejala ini akan mereda setelah menyelesaikan pengobatan untuk infeksi inkompatibilitas rhesus.

Tes darah untuk menentukan status rhesus Anda kemungkinan besar akan dilakukan pada kunjungan prenatal pertama Anda dengan dokter. Jika Anda Rh-negatif, pasangan Anda mungkin juga dites. Jika pasangan Anda juga Rh-negatif, Anda tidak perlu khawatir. Jika pasangan Anda Rh-positif dan Anda Rh-negatif, dokter Anda akan mencari tanda-tanda infeksi inkompatibilitas rhesus.

Infeksi inkompatibilitas rhesus bisa dicegah. Jika Anda merasa hamil dan memiliki golongan darah Rh-negatif, Anda harus berbicara dengan dokter Anda untuk menentukan rencana terbaik. Jika ayah anak Anda Rh-positif atau golongan darahnya tidak diketahui, menerima pengobatan pencegahan dengan imunoglobulin akan mencegah efek serius pada kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *