Perawatan Periodontitis

Kesehatan

Periodontitis atau penyakit gusi merupakan infeksi yang biasa terjadi dan merusak atau menyerang jaringan lembut dan tulang yang menyangga gigi. Tanpa perawatan atau pengobatan yang tepat, tulang alveolar di sekitar gigi akan hilang secara perlahan dan berkala. Nama “periodontitis” sendiri berarti “peradangan di sekitar gigi”. Mikroorganisme seperti bakteri menempel di permukaan gigi dan di kantong yang mengeliliingi gigi, dan terus menerus berkembang biak. Ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi dan racun dilepaskan, peradangan pun ikut terjadi. Periodontitis yang tidak dirawat akan menyebabkan gigi tanggal, dan juga meningkatkan risiko beberapa penyakit kronis seperti stroke, serangan jantung, dan masalah kesehatan lainnya. Periodontitis disebabkan oleh plak yang terbentuk dari bakteri yang menempel dan berbentuk seperti selaput yang terbentuk di permuakaan gigi. Apabila plak tersebut tidak dibersihkan, dapat mengeras dan membentuk karang gigi. Kebanyakan kasus periodontitis dapat dicegah dengan merawat kebersihan dan kesehatan gigi.

Perawatan periodontitis

Tujuan utama perawatan ini adalah untuk membersihkan bakteri yang ada di kantong-kantong di sekitar gigi serta mencegah kerusakan lebih parah pada jaringan dan tulang. Untuk merawat periodontitis, yang harus Anda lakukan adalah:

  • Menjaga kebersihan gigi

Menjaga kebersihan gigi harus dilakukan setiap harinya, meskipun gigi dan gusi dalam keadaan sehat untuk mencegah infeksi. Perawatan gigi yang baik termasuk menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari dan melakukan flossing sekali setiap hari. Apabila ada ruang di antara gigi, sikat antar gig sangat direkomendasikan. Tusuk gigi yang lembut dapat digunakan jika jarak atau ruang antar gigi lebih kecil. Para penderita arthritis atau memiliki gangguan ketangkasan dapat menggunakan sikat gigi elektrik untuk membersihkan dengan sempurna. Periodontitis merupakan penyakit peradangan kronis jangka panjang. Apabila kebersihan gigi tidak dijaga, penyakit ini dapat muncul di kemudian hari.

  • Pembersihan kerak

Sangat penting bagi Anda untuk membersihkan plak dan karang gigi untuk mengembalikan kesehatan periodontal. Tenaga kesehatan profesional akan melakukan pembersihan kerak untuk membersihkan garis gusi di bagian bawah. Prosedur ini dapat dilakukan menggunakan peralatan tangan ataupun alat ultrasonic yang akan menghancurkan plak dan karang gigi. Tergantung berapa banyak plak dan karang gigi yang Anda punya, prosedur ini mungkin akan membutuhkan 2 kali pembersihan. Pembersihan biasanya direkomendasikan 2 kali setiap tahunnya, atau lebih, tergantung berapa banyak plak yang sudah menumpuk

  • Obat-obatan rumahan alternatif

Efek periodontitis dapat dihentikan melalui pemeriksaan yang teratur dan perawatan dini serta menjaga kebersiihan gigi dan mulut. Untuk mencegah periodontitis muncul di kemudian hari, penting bagi Anda untuk menggosok gigi dengan sikat gigi yang cocok dan pasta gigi setidaknya 2 kali sehari dengan perlahan. Bersihkan juga permukaan yang digunakan untuk mengunyah dan bagian samping gigi.

Gunakan floss untuk membersihkan celah antar gigi. Floss gigi dapat membersihkan celah yang kecil. Selain, berhati-hatilah saat membersihkan permukaan yang tidak rata. Terakhir, setelah menyikat gigi, gunakan obat cuci mulut untuk mencegah bakteri tumbuh dan mengurangi reaksi peradangan yang terjadi di mulut.

Dengan cara-cara tersebut di atas, Anda dapat mengobati periodontitis. Pastikan untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan mulut Anda setidaknya 6 bulan sekali. Ini penting untuk memastikan tidak ada gangguan kesehatan seperti periodontitis yang terjadi. Apabila ada tanda-tanda tidak wajar seperti gusi berdarah, segera periksakan ke dokter karena periodontitis yang tidak terawatt dapat menyebabkan komplikasi berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *