Serangkaian Pemeriksaan Sindrom Eisenmenger pada Anak-Anak

Serangkaian Pemeriksaan Sindrom Eisenmenger pada Anak-Anak

penyakit

Ada begitu banyak penyakit yang menyasar organ-organ penting manusia, seperti jantung atau paru-paru. Dari sekian banyak, beberapa di antaranya disebabkan oleh “kondisi bawaan”. Artinya, sejak lahir seorang manusia sudah menanggung kondisi kesehatan tersebut. Salah satu di antara yang dimaksud adalah sindrom eisenmenger.

Kita dapat memulai membahas sindrom eisenmenger ini dari substansi atau nilai dasar dari penyakit ini, yakni cacat jantung bawaan sejak lahir. Kondisi ini mengakibatkan jantung memiliki lubang di antara dua biliknya. Lubang ini mengakibatkan peredaran darah di jantung dan paru-paru menjadi tidak normal. Sindrom Eisenmenger adalah bentuk lanjutan dari hipertensi arteri pulmonalis.

Penyakit ini bermula ketika aliran darah di paru-paru menjadi meningkat terlalu besar, sehingga arah aliran darah melalui lubang tersebut berbalik. Akibatnya, terjadi penumpukan darah di paru-paru dan darah tidak mengalir ke seluruh tubuh. 

Selain itu penyakit tersebut menyebabkan arteri pada paru-paru menjadi kaku dan sempit, serta meningkatkan tekanan di arteri paru-paru. Hingga pada akhirnya, sindrom eisenmenger akan membuat kerusakan permanen pembuluh darah pada paru-paru dan membuat penderitanya sulit mendapat pasokan dan kekurangan oksigen.

Dikatakan sebelumnya jika penyebab utama dari kondisi ini adalah bawaan lahir. Namun, gejala dari sindrom eisenmenger kebanyakan baru terasa saat seseorang menyentuh usia remaja dan ketika mereka dewasa kelak. 

Hal ini tentu saja dipicu ketika cacat atau kelainan jantung sejak lahir itu tidak diperbaiki atau baru diperbaiki di kemudian hari. Pada beberapa orang, sindrom eisenmenger juga dapat terjadi meskipun kerusakan telah diperbaiki. 

  • Bagaimana Dokter Menganalisis Kondisi Anak dengan Sindrom Eisenmenger?

Ketika seseorang membawa anaknya ke rumah sakit dengan beragam keluhan, dokter akan bertanya tentang kondisi si anak. Dokter mungkin melihat tanda-tanda saat dia memeriksa dan itu merupakan jalan awal menuju kecurigaan yang lebih besar. Dokter mungkin mendengar suara jantung yang tidak normal saat mendengarkan jantung anak dengan stetoskop.

Jika sudah positif ada sesuatu yang tidak beres pada jantungnya, dokter akan langsung dirujuk ke ahli jantung pediatrik. Ini adalah dokter dengan pelatihan khusus untuk menangani masalah jantung pada bayi dan anak-anak.

Di bawah pengawasan dokter ahli jantung pediatrik, pasien akan mendapat beberapa rangkaian pemeriksaan untuk menegakkan diagnosa, seperti:

  • Oksimetri denyut. Sebuah probe kecil digunakan untuk memeriksa jumlah oksigen dalam darah.
  • Tes darah. Tes dapat dilakukan untuk memeriksa jumlah sel darah merah yang tinggi atau rendah.
  • Rontgen dada. Foto rontgen dada menunjukkan jantung dan paru-paru. Mungkin ada perubahan di paru-paru karena aliran darah ekstra.
  • Elektrokardiogram (EKG). EKG merekam aktivitas listrik jantung. Ini juga menunjukkan ritme abnormal dan mendeteksi tekanan otot jantung.
  • Ekokardiogram (gema). Gema menggunakan gelombang suara untuk membuat gambaran bergerak dari jantung dan katup jantung. Gema dapat menunjukkan arah aliran darah. Itu bisa mengetahui ukuran cacat. Jenis tes gema yang berbeda dapat dilakukan.
  • Tes fungsi paru. Pengujian fungsi paru-paru memeriksa seberapa baik paru-paru anak Anda bekerja.
  • Kateterisasi. Pemeriksaan ini memberikan informasi yang sangat rinci tentang struktur di dalam jantung. Dokter memasang selang fleksibel kecil (kateter) ke dalam pembuluh darah di selangkangan untuk mengukur tekanan darah dan oksigen. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin menyuntikkan pewarna kontras untuk melihat aliran darah dan struktur di dalam jantung dengan lebih jelas. 
  • MRI Kardiovaskular (CMRI). Tes ini membuat gambaran rinci tentang jantung dan pembuluh darah. MRI dapat digunakan untuk memeriksa jumlah dan arah aliran darah.
  • CT scan dan CT angiografi. Tes ini dapat digunakan untuk memeriksa gumpalan darah di arteri paru-paru dan paru-paru.
  • Tes stres. Ini adalah EKG yang dilakukan saat anak sedang berolahraga.

Setelah didapatkan informasi yang jelas mengenai kondisi anak dengan sindrom eisenmenger, dokter mulai dapat memetakan beberapa prosedur perawatan yang akan disesuaikan dengan gejala, usia, dan kesehatan umum anak. Itu juga akan tergantung pada seberapa parah kondisinya.

Akan tetapi, perawatan sindrom eisenmenger akan selalu terfokus pada penurunan tekanan di arteri pulmonalis. Ini juga bertujuan untuk membawa lebih banyak oksigen ke jaringan paru-paru dan meredakan sianosis.

Bentuk dan metode perawatan anak dengan sindrom eisenmenger bisa dengan pemberian obat-obatan saja, terapi oksigen, atau dokter kadang perlu untuk melakukan proses pengeluaran darah dari tubuhnya untuk mencegah risiko kondisi-kondisi kesehatan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *