Tidak Perlu Repot, Ini Dia Tips Mengobati Batuk Pilek

penyakit

Batuk dan pilek memang merupakan penyakit yang biasa dialami dan dapat sembuh seiring dengan istirahat yang cukup. Namun, tidak dipungkiri, keduanya sangatlah mengganggu kegiatan dan aktivitas harian. Jika dibiarkan, tentu kondisi ini akan sangat menyusahkan. Itulah sebabnya Anda perlu untuk mencoba beberapa langkah agar batuk dan pilek berikut ini.

Obat Batuk atau Permen Tenggorokan

Obat batuk dan permen tenggorokan sangat bisa diandalkan untuk memberikan efek instan pereda gatal pada tenggorokan dan batuk. Meskipun kadang tidak memberikan penyembuhan yang permanen, permen tenggorokan sangat bisa Anda jadikan solusi untuk meredakan batuk saat akan presentasi atau menghadiri rapat penting

Satu Sendok Madu

Anda pasti sudah tidak asing dengan penggunaan madu sebagai obat tradisional dan alami. Bahkan, madu juga dapat berguna untuk membantu meredakan batuk. Cobalah untuk menambahkan satu sendok madu pada teh atau air hangat yang akan Anda minum. Tapi ingat, jangan berikan madu untuk anak-anak di bawah 1 tahun.

Perbanyak Asupan Air Putih

Meminum air putih akan membuat tenggorokan Anda terasa lebih basah, lembap, dan nyaman. Saat tenggorokan Anda tidak sakit atau gatal, dijamin Anda tidak akan batuk. Kurangi minum-minuman soda, manis, dingin, atau berkafein dan beralkohol. Semua minuman itu dapat membuat tenggorokan Anda kering.

Minum Air Hangat

Jangan lupa untuk menghangatkan semua minuman yang akan Anda minum. Anda juga dapat mencari asupan hangat lain, seperti teh hangat atau sup ayam untuk memanaskan saluran tenggorokan Anda. Tidak hanya akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, minum minuman hangat akan membantu memecah lendir dan menenangkan tenggorokan sehingga tidak mudah batuk.

Hirup Uap Hangat

Saat batuk dan pilek terasa sangat menyiksa dan mengganggu, Anda juga dapat melakukan perawatan dengan menghirup uap hangat. Cara ini dapat mengatasi tenggorokan kering dan memberikan kelembapan untuk membantu mengatasi batuk. Selain itu, lendir di hidung juga akan lebih mudah cair sehingga pilek dapat segera sembuh.

Hindari Udara Kotor

Saat batuk dan pilek, pastikan untuk selalu menghindari paparan udara kotor yang penuh dengan polusi, debu, dan asap. Udara yang kotor tidak hanya berbahaya untuk kesehatan tetapi juga dapat memperburuk batuk dan pilek.

Istirahat Yang Cukup

Ingat, upaya Anda untuk mengatasi batuk dan pilek akan percuma jika Anda terus menghabiskan waktu dan energi untuk terus beraktivitas. Apalagi jika Anda terus berbicara yang kerap membuat tenggorokan semakin kering dan sakit. Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk beristirahat dan membiarkan tubuh untuk tenang. Tubuh Anda membutuhkan energi yang cukup untuk dapat melawan virus.


Gunakan Semprotan Tenggorokan

Terakhir, apabila batuk dan pilek benar-benar sudah tidak lagi dapat diatasi dan terus muncul selama berhari-hari, cobalah untuk menggunakan semprotan tenggorokan. Cara ini dapat membantu Anda menenangkan dan melembapkan tenggorokan. Meskipun begitu, sama seperti permen tenggorokan, cara ini hanya dapat membantu menghilangkan batuk dan pilek sementara. Jadi, tetap utamakan istirahat.

Kapan Perlu Memeriksakan Diri Ke Dokter Untuk Batuk dan Pilek?
Anda tidak perlu perawatan medis untuk batuk, pilek, atau sakit tenggorokan biasa. Sebab, yang dibutuhkan tubuh Anda hanyalah waktu untuk tubuh melawan virus dan memulihkan diri. Ingat, batuk dan pilek kebanyakan disebabkan oleh virus yang mana tidak dapat diobati dengan antibiotik.

Namun, ada beberapa batuk, pilek, dan sakit tenggorokan yang perlu segera diperiksakan pada dokter. Berikut ini adalah gejala batuk pilek yang serius

  • Sesak napas
  • Batuk darah, lendir berdarah, atau lendir merah muda berbusa
  • Batuk lendir hijau, cokelat, atau kuning
  • Demam, menggigil, atau nyeri dada saat Anda bernapas dalam-dalam
  • Sakit parah
  • Kesulitan menelan
  • Demam lebih dari 39 derajat celsius pada orang dewasa
  • Kelenjar bengkak
  • Bercak putih di tenggorokan atau amandel
  • Ruam

Itulah beberapa hal penting seputar tips mengobati batuk dan pilek. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *