Tips Merawat Kulit 30 Hari Pertama Setelah Pembuatan Tato

Kulit dan Kecantikan

Tato bagi sebagian orang merupakan sesuatu yang lebih dari sekedar karya seni, dan merupakan aktualisasi diri. Membuat tato termasuk salah satu prosedur medis, karena seniman tato akan menggunakan jarum untuk memasukkan tinta ke bawah kulit. Setiap kali kulit dibuka, ada potensi infeksi dan jaringan parut.

Merawat tato dapat mencegah komplikasi dan memastikan bahwa kulit akan sembuh dengan benar. Anda dan seniman tato sama-sama berperan penting dalam proses penyembuhan ini.

Perawatan kulit setelah tato dimulai dengan mengoleskan minyak tipis di atas tato. Kemudian, tutup area tersebut dengan perban atau plastik. Penutupan ini mencegah bakteri masuk ke kulit Anda. Ini juga akan melindungi tato dari gesekan pakaian.

Biarkan hal ini selama beberapa jam. Ini akan membantu pula menyerap tinta yang bocor dari tato. Setelah itu, perban dapat dibuka. Cucilah tangan terlebih dahulu dengan air hangat dan sabun, kemudian bilas tato dengan sabun dan air dengan lembut. Tepuk-tepuk kulit Anda dengan handuk, kemudian kembali oleskan salep ke tato.

Saat tato sudah sembuh, lakukan 2 hal ini:

  1. Memakai pakaian pelindung matahari setiap pergi ke luar rumah
  2. Berkonsultasi dengan dokter jika menjumpai tanda infeksi

Sementara itu, sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini:

  1. Mengoleskan tabir surya ke kulit bertato yang belum sembuh
  2. Menggaruk tato
  3. Mengenakan baju ketat di atas tato
  4. Berenang atau berendam

Seberapa cepat kulit bertato dapat pulih? Tergantung dari besar dan rumitnya tato. Tato berukuran besar, biasanya meninggalkan kemerahan dan bengkak dalam janga waktu lama, karena menyebabkan trauma kulit. Berikut ini perawatan yang bisa Anda lakukan dalam 30 hari pertama setelah kulit ditato.

Hari ke-1
Di hari pertama, Anda akan pulang dari studio tato dengan perban di atas tato tersebut. Setelah beberapa jam Anda akan melepaskannya, berdasarkan instruksi seniman tato. Kemudian setelah dilepas, Anda akan melihat cairan yang mengalir dari tato seperi darah, plasma, dan beberapa tinta yang tersisa. Kondisi ini normal normal. Kulit Anda juga akan menjadi lebih sakit dan kemerahan. Cucilah tato dengan air hangat, kemudian usapkan salep berbahan minyak.

Hari ke-2 dan ke-3
Tato mulai akan terlihat kusam di hari kedua. Ini terjadi saat kulit Anda sembuh. Cucilah tato Anda sekali atau dua kali dalam sehari, dan gunakan pelembap yang bebas aroma dan alkohol. Ketika dicuci, Anda mungkin melihat beberapa tinta akan mengalir. Itu merupakan tinta yang berlebih dan muncul melalui kulit Anda.

Hari ke-4 hingga ke-6
Kemerahan pada kulit akan memudar dan Anda mungkin akan menemukan koreng di atas tato. Koreng ini harusnya tidak setebal yang didapatkan jika Anda mengalami goresan sendiri. Jika ini terjadi, maka tetap cuci tato Anda sekali atau dua kali sehari, kemudian oleskan pelembap.

Hari ke-7 hingga ke-16
Koreng akan mengeras kemudian mengelupas dengan sendirinya. Jangan diambil atau mencoba menariknya. Biarkan luka tersebut lepas dengan sendirinya. Jika tidak, tinta akan keluar dan meninggalkan bekas. Di titik ini, kulit Anda akan terasa gatal. Oleh karena itu, gosokkan dengan lembut pelembap beberapa kali dalam sehari untuk meredakan gatal. Jika tato masih merah dan bengkak di titik ini, Anda mungkin akan mengalami infeksi. Segera berkonsultasi dengan dokter.Hari ke-16 hingga ke-30
Pada tahap terakhir penyembuhan ini, sebagian besar serpihan luka akan hilang. Anda mungkin dapat melihat sisa kulit mati, yang pada akhirnya akan bersih dengan cepat. Area tato akan terlihat kering dan kusam. Jadi, gunakan pelembap hingga kulit terasa terhidrasi kembali. Di minggu kedua atau ketiga, lapisan luar kulit seharusnya sudah sembuh. Namun, mungkin diperlukan waktu tiga hingga empat bulan agar lapisan bawah kulit sembuh sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *